Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Configuration error or no pictures...

SKILLS.ID

Subscribe to Our Channel

Selasa, September 27, 2022
redaksi@topcareer.id
Covid-19Tren

Isi e-HAC Bakal Jadi Syarat Bepergian untuk Semua Transportasi

e-hac nantinya akan digunakan sebagai syarat bepergian semua moda transportasi.e-hac indonesia

Topcareer.id – E-HAC ditetapkan menjadi syarat mudik 2022 dengan transportasi udara. Namun, ke depan pemberlakuan pengisian e-HAC ini akan dijadikan syarat untuk semua moda transportasi, bukan hanya pesawat.

Hal itu seperti yang dikatakan oleh Chief of Digital Transformation Office (DTO) Kementerian Kesehatan, Setiaji dalam siaran pers Kemenkes, Kamis (7/4/2022).

“Selain perjalanan udara, aturan pengisian e-HAC juga direncanakan jadi syarat untuk bepergian dengan transportasi darat dan laut pada masa mudik hingga libur lebaran,” kata Setiaji.

Hal ini, sambung dia, yang akan diberlakukan setelah dirjen di kementerian terkait mengeluarkan surat edaran yang mengatur hal tersebut.

Setiaji pun berharap dengan diterapkan syarat pengisian e-HAC selama masa mudik dan libur lebaran ini dapat mempermudah masyarakat dan petugas di lapangan dalam menjalani proses pengecekan kelayakan perjalanan.

“Syarat pengisian e-HAC ini ditujukan untuk menyederhanakan dan mempercepat proses pengecekan kelayakan perjalanan oleh petugas, sehingga tidak ada penumpukan antrean penumpang saat pemeriksaan,” ujar Setiaji.

Baca juga: Jabodetabek PPKM Level 2, Simak Aturan Lengkap WFO 75%

Berikut panduan mengisi e-HAC di aplikasi PeduliLindungi bagi pelaku perjalanan domestik pengguna transportasi udara:

1. Unduh aplikasi PeduliLindungi versi terbaru
2. Buat akun baru atau log in bila telah memiliki akun PeduliLindungi
3. Klik fitur ”e-HAC”, lalu pilih ”Buat e-HAC”
4. Pilih ”Domestik” untuk pelaku perjalanan dalam negeri
5. Pilih sarana perjalanan ”Udara”
6. Pilih tanggal dan isi nomor penerbangan
7. Jika nomor penerbangan tidak ditemukan, isi data penerbangan secara manual dengan memilih nama maskapai, bandara keberangkatan dan tujuan
8. Pastikan informasi sesuai, lalu klik ”Lanjutkan”
9. Isi ”Data Personal”, dapat diisi maksimal 4 orang sekaligus
10. Selanjutnya Anda dapat mengecek kelayakan terbang. Bila dinyatakan ‘layak untuk terbang’, pilih simpan informasi yang telah Anda isi sebelumnya.
11. Setelah itu, pilih ”Konfirmasi” dan selesai.

Bila pelaku perjalanan mendapatkan status tidak layak terbang, validasi manual dapat dilakukan dengan menunjukkan sertifikat vaksin dan hasil tes antigen atau RT-PCR di PeduliLindungi atau dokumen fisik ke petugas Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP) di bandara.

Tinggalkan Balasan