Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Configuration error or no pictures...

SKILLS.ID

Subscribe to Our Channel

Senin, September 26, 2022
redaksi@topcareer.id
Tren

Kemenkes Buka Kelas Perawat Internasional

Kemenkes buka kelas perawat internasional.Dok. Nurse.com

Topcareer.id – Demi meningkatkan kualitas tenaga Kesehatan Indonesia khusus perawat, Kementerian Kesehatan melalui Direktorat Jenderal Tenaga Kesehatan melakukan penjajakan kerja sama dengan Jepang untuk membuka kelas perawat Internasional di Politeknik Kesehatan.

Direktur Penyedia Tenaga Kesehatan, Kemenkes dra. Oos Fatimah Rosyati mengatakan, saat ini, bagi perawat yang ingin bekerja di Jepang, harus menempuh pendidikan singkat kelas Bahasa Jepang dan lulus dari EPA (Entrustable Professional Activities).

“Dari 3.351 orang perawat yang melamar bekerja di Jepang hanya 10% yang lulus dari tes. Program kelas internasional perawat Jepang ini akan sangat membantu perawat Indonesia untuk lebih meningkatkan kelulusannya saat mengikuti uji kompetensi di Jepang,” kata dia dikutip dari siaran pers, Jumat (8/4/2022).

Selain sedikitnya pelamar yang lolos tes, kendala lainnya adalah pengalaman dua tahun on-site clinical yang menjadi persyaratan pada kursus perawat EPA juga membuat presentasi passing grade perawat turun dan akhirnya kurang banyak peminat.

Baca juga: Jadi Syarat Mudik Naik Pesawat, Begini Cara Isi E-HAC

Karena itu Kementerian Kesehatan akan membuka kelas perawat internasional bekerja sama dengan MedPA. MedPA merupakan institusi di Jepang yang menawarkan kerja sama untuk membuka kelas internasional perawat.

Kerja sama tersebut diharapkan bisa menghilangkan persyaratan 2 tahun pengalaman on-site clinical sehingga lulusan perawat Indonesia dapat langsung mengikuti EPA.

Para calon perawat di kelas internasional nantinya akan dilatih selama 5 tahun dengan tambahan pendidikan program Bahasa dan keahlian perawat Jepang dari tingkat dasar hingga tingkat ahli.

President MedPA Fukuoka, Ishida Kanako bersama Toshiro Mizutani telah melakukan feasibility survey dan visitasi kelas perawat, laboratorium, dan beberapa fasilitas penunjang lainnya di Poltekkes Jakarta III.

Direktur Poltekkes Jakarta III menyambut baik kerja sama ini dan akan menyiapkan sarana prasarana guna mendukung tenaga pengajar yang akan didatangkan dari Jepang oleh MedPA Fukuoka.

Tinggalkan Balasan