Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Configuration error or no pictures...

SKILLS.ID

Subscribe to Our Channel

Rabu, Februari 1, 2023
redaksi@topcareer.id
ProfesionalTren

Tips Memanfaatkan TikTok untuk Bisnis

Tips memanfaatkan tiktok untuk bisnis.

Topcareer.id – TikTok tak hanya bisa dimanfaatkan untuk eksistensi diri, tapi juga mampu digunakan untuk bisnis dengan tips yang benar. TikTok bisa dibilang sebagai alat pemasaran media sosial yang berharga dan dapat dengan mudah diadopsi.

Meskipun TikTok diadopsi sejak dini oleh remaja, TikTok terus menarik perhatian orang dewasa muda (hampir 70% pengguna aktifnya berusia di bawah 40 tahun), menjadikannya target utama bagi brand apa pun yang mencari perhatian yang sulit dipahami dari generasi millennial dan Gen Z.

Berikut ini tips menggunakan TikTok untuk bisnis kecil.

1. Periksa tren umum di antara pengguna di audiens targetmu

Strategi ini dapat digunakan di platform media sosial apa pun, tetapi ini sangat berguna untuk TikTok. Platform melihat volume tinggi di sekitar topik tertentu seperti hiburan, tarian, lelucon, DIY, perjalanan, dan pembelajaran.

Teliti audiens targetmu untuk melihat jenis konten mana yang paling mereka sukai, dan gunakan pengetahuan itu untuk memengaruhi jenis TikTok yang kamu buat.

Misalnya, jika kamu melihat audiens targetmu sangat terlibat dengan video lucu, kamu dapat memposting video karyawanmu yang sedang bermain lelucon di sekitar kantor.

2. Gunakan pendekatan yang santai dan tidak terlalu komersial

Tidak seperti Instagram, TikTok sebagian besar menolak konten berkualitas tinggi yang dipoles. Dengan demikian, ia telah mendapatkan reputasi sebagai platform kasual di mana pengguna merasa nyaman mengekspresikan diri.

“Keindahan TikTok adalah ruang kreatif yang dapat diakses. Itu berarti ia tumbuh subur dengan sentuhan kekhasan dan menghindari produksi gaya komersial yang berat,” kata Mike Prasad, pendiri dan CEO Tinysponsor, mengutip laman Business News Daily.

Baca juga: Begini Lho, Budaya Kerja Di Perusahaan Kosmetik Ternama L’Oréal

Biarkan keterlibatan menjadi panduanmu dan selidiki apa yang menyenangkan tentang bisnismu. Pastikan kamu memahami dengan jelas budaya, nilai, dan identitas brandmu sehingga apa yang kamu buat adalah asli dan sesuai dengan brand.

3. Berpartisipasi dalam TikTok challenges

Cara mudah untuk meningkatkan keterlibatan dan visibilitas adalah dengan berpartisipasi dalam TikTok challenges. Cari tahu lagu atau aktivitas mana yang sedang tren, dan buat versi brand kamu sendiri untuk diposting di TikTok. Ini tidak hanya dapat meningkatkan visibilitas, tetapi juga membuatmu tampak lebih relatable dan membumi.

Generasi muda menyukai brand pendukung yang terhubung dengan mereka. Berpartisipasi dalam tantangan dapat membantumu terhubung dengan audiens secara nyata, terutama jika target demografismu adalah remaja atau dewasa muda.

4. Posting tentang lokasi

Tips terakhir, yakni gunakan lokasi yang pada akhirnya dapat menjadi pendorong utama kesadaran brand, terutama untuk bisnis lokal kecil. Bicarakan tentang lokasimu di video, dan sertakan lokasi dalam teks dan tagar.

Ini akan membantu orang-orang di daerahmu menemukan bisnismu. Ini juga dapat membantu untuk membuat video yang unik untuk area lokal. Ini akan membuat produk atau layananmu tampak lebih cocok dengan penduduk setempat.

Tinggalkan Balasan