Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Configuration error or no pictures...

SKILLS.ID

Subscribe to Our Channel

Saturday, April 27, 2024
redaksi@topcareer.id
Tren

Lenovo Kuasai Pangsa Pasar PC Global Kuartal Pertama 2022

Topcareer.id – Pasar PC global mengalami penurunan pengiriman sebesar 5,1 persen selama kuartal pertama tahun 2022 dengan Lenovo menguasai pangsa pasar hingga 22,7 persen, menurut sebuah laporan oleh International Data Corporation (IDC).

Meskipun rantai pasokan dan tantangan logistik sedang berlangsung, vendor masih berhasil mengirimkan 80,5 juta PC sejauh ini.

Volume kuartal pertama 2022 menandai kuartal ketujuh berturut-turut di mana pengiriman global melampaui 80 juta unit yang tidak pernah tercapai sejak 2012.

Peringkat di antara vendor teratas tetap tidak berubah pada kuartal pertama 2022 dibandingkan dengan kuartal keempat 2021.

Lenovo tetap menjadi perusahaan teratas dengan pangsa pasar 22,7 persen, diikuti oleh HP 19,7 persen.

Kemudian di urutan ketiga ada Dell 17,1 persen, Apple menyusul dengan 8,9 persen pangsa pasar.

Asus dan Acer imbang di posisi nomor 5 pada kuartal pertama 2022 dengan pangsa pasar masing-masing 6,9 persen dan 6,8 persen.

Dell, Apple, dan Asus adalah satu-satunya vendor papan atas yang melihat pertumbuhan pengiriman dari tahun ke tahun.

Lenovo dan HP sama-sama mengalami dampak signifikan dari penurunan penjualan Chromebook di kuartal pertama.

Lenovo dipengaruhi oleh penjualan Chromebook AS yang melambat, tetapi penurunan itu dimoderatori oleh pertumbuhannya di Amerika Latin dan Asia Pasifik.

HP memprioritaskan Chromebook dalam beberapa tahun terakhir tetapi menurunkan fokus Chromebook pada paruh kedua tahun 2021.

Hal tersebut menyebabkan penurunan yang signifikan dalam pengiriman keseluruhan untuk kuartal pertama tahun 2022.

Dell mencapai pertumbuhan pengiriman tahun-ke-tahun pada kuartal pertama, meskipun ada kendala pasokan di pasar bisnis.

Baca juga: Lenovo Buat Ransel dari 34 Botol Bekas, Harganya Rp 1,1 Juta

Kuartal ini menandai periode pertumbuhan keenam berturut-turut Dell, yang dicapai sebagian karena kehadiran perusahaan yang relatif kecil di segmen Chromebook dan PC konsumen yang menurun.

Apple melanjutkan momentumnya untuk memulai tahun ini, dipimpin oleh popularitas perangkat Mac berbasis M1.

Pada kuartal pertama Apple memperkenalkan Mac Studio, model desktop premium berbasis M1, ini mendorong penjualan di antara pengguna PC yang membutuhkan daya pemrosesan tinggi.

Selain itu, Ryan Reith, group vice president, IDC’s Worldwide Mobile Device Trackers, mengatakan, “Fokusnya tidak boleh pada penurunan volume PC dari tahun ke tahun karena memang sudah diperkirakan. Fokusnya harus pada industri PC. Mengelola untuk mengirimkan lebih dari 80 juta PC pada saat logistik dan rantai pasokan masih berantakan, disertai dengan berbagai tantangan geopolitik dan terkait pandemi.” Jelas Reith.**(Feb)

the authorRino Prasetyo

Leave a Reply