Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Configuration error or no pictures...

SKILLS.ID

Subscribe to Our Channel

Jumat, Agustus 12, 2022
redaksi@topcareer.id
Tren

Anggota Tubuh Bionik Angkat Harga Diri Orang yang Diamputasi Akibat Serangan Israel di Palestina

Tangan bionik. Dok/YahooTangan bionik. Dok/Yahoo

Topcareer.id – Sebuah tangan palsu “pintar” bionik yang meniru anatomi dan gerakan manusia telah memungkinkan seorang bernama Ahmed Abu Hamda untuk bermain dengan anak-anaknya dan mendapatkan kembali harga dirinya.

Teknologi pembuatan anggota tubuh bionik ini merupakan bagian dari proyek baru di Jalur Gaza Palestina.

Konflik dengan Israel telah menyebabkan ratusan orang di Palestina kehilangan anggota badan.

Sejak Maret lalu, sebuah rumah sakit yang didanai oleh Qatar di Gaza telah menyediakan prostesis mioelektrik.

Sebuah perangkat bionic bermotor yang ditenagai oleh baterai dan dikendalikan oleh sinyal listrik yang dihasilkan oleh otot.

Hamda (36), kehilangan tangan kanannya pada 2007 ketika bom yang tidak meledak diledakkan.

Setelah sekian lama menunggu, kini dia dapat bermain dengan kedua anaknya, makan, minum, dan melakukan perbaikan rumah dengan anggota tubuh mioelectrik yang baru dipasang.

“Sejak saya mendapatkan anggota badan, penampilan luar saya membaik, orang tidak mengenali saya memiliki tangan yang diamputasi,” katanya kepada Reuters di Rumah Sakit Sheikh Hamad bin Khalifa al-Thani untuk Rehabilitasi dan Prostetik, dikutip dari Reuters.

“Di rumah saya bisa minum air, dan kalau ke pasar saya bisa pegang karung dan handphone,” kata pria yang bekerja sebagai pemasang parabola itu.

Proyek ini adalah yang pertama dari jenisnya di wilayah Palestina.

Sejauh ini, 21 orang yang diamputasi di Gaza telah menerima anggota badan “pintar” bionik, dengan 40 lainnya masih dalam daftar tunggu.

Komite Internasional Palang Merah mendata setidaknya 1.600 orang yang diamputasi di antara populasi Gaza yang berjumlah dua juta orang.

Masyarakat Amal Assalam, yang merawat orang-orang yang terluka dan cacat, mengatakan 532 warga Gaza telah kehilangan anggota badan dalam konflik dengan Israel.

Diresmikan pada 2019, RS Hamad telah merawat ratusan orang yang diamputasi.

Sejak 2014, Qatar telah menghabiskan lebih dari $ 1 miliar dalam proyek konstruksi dan bantuan di Gaza, yang dijalankan oleh kelompok Islam Hamas.

Baca juga: 5 Model Dengan Tubuh Unik Ini Dobrak Standar Kecantikan

Pasien tidak dikenakan biaya untuk kaki palsu, kata Noureldeen Salah, direktur umum rumah sakit Hamad, menyebutkan biaya prostesis kaki palsu “pintar” bionik sekitar $20.000.

Sekarang setelah dia tangan palsu bionik barunya, Abu Hamda dapat merangkul kehidupan dengan putrinya yang berusia empat tahun dan putranya yang berusia 18 bulan dengan lebih penuh.

“Sekarang saya bisa menggendong mereka, bermain dengan mereka, meraih tangan mereka dan berjalan di jalan,” katanya sambil tersenyum.

the authorFeby Ferdian

Tinggalkan Balasan