Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Configuration error or no pictures...

SKILLS.ID

Subscribe to Our Channel

Friday, April 19, 2024
redaksi@topcareer.id
Tren

Ada Program Angkutan Motor Gratis untuk Mudik dari KAI

KAI sediakan program angkutan motor gratis untuk pemudik.

Topcareer.id – KAI Group melalui KAI Logistik kembali membuka program Angkutan Sepeda Motor Gratis (Motis) setelah 2 tahun tak dilaksanakan akibat pandemi. Angkutan motis 2022 ini akan dilaksanakan mulai 26 April-9 Mei 2022.

Direktur Jenderal Perkeretaapian Zulfikri menyebut program ini sebagai upaya Pemerintah untuk mengakomodasi antusiasme masyarakat dalam melakukan mudik.

Ia mengatakan, berdasarkan survei yang dilakukan oleh Balitbang Kemenhub, diprediksi sebanyak 85 juta masyarakat akan melakukan perjalanan mudik tahun ini.

“Tentu antusiasme masyarakat yang besar perlu kita antisipasi agar mudik dapat dilaksanakan dengan selamat, aman, dan menimbulkan rasa bahagia bagi pelakunya,” ujar Zulfikri, dikutip dari siaran pers, Kamis (21/4/2022).

Lebih lanjut, Zulfikri menjelaskan bahwa program Motis ini diselenggarakan guna mengurangi angka pemudik dengan menggunakan kendaraan roda dua. Sebab, dikhawatirkan akan menghadapi resiko keselamatan yang tinggi jika memaksakan diri untuk mudik dengan kendaraan roda dua.

Guna menarik minat masyarakat agar beralih dari kendaraan roda dua dan memanfaatkan program Motis ini, akan dibuka juga untuk penumpang yang mudik dengan menggunakan bus/travel, selain bagi penumpang kereta api yang telah memiliki tiket yang selama ini dilaksanakan.

Cara Daftar

Direktur Utama KAI Logistik, TLN. Ahmad Malik Syah, menjelaskan bahwa KAI Logistik menerima pendaftaran angkutan Motis mulai 21 April hingga 8 Mei 2022 dengan menyesuaikan ketersediaan kuota.

Baca juga: Anak-Anak Dan Remaja Boleh Mudik Tanpa Syarat Tes Covid

Peserta dapat melakukan pendaftaran baik secara online melalui bit.ly/motis2022 ataupun pendaftaran secara langsung dengan mengunjungi stasiun-stasiun yang telah ditunjuk.

“Kami telah memastikan kesiapan pendukung operasional baik sarana, SDM hingga sistem untuk angkutan Motis 2022 dan siap mengangkut 9.280 motor untuk arus mudik dan balik sesuai dengan kuota yang disediakan oleh Pemerintah,” kata Malik.

Angkutan Motis ini melayani berbagai rute dengan perjalanan pulang pergi (PP) dan tersedia di dua jalur yaitu Lintas Utara dimulai dari Stasiun Jakarta Gudang, Stasiun Cirebon Prujakan, Stasiun Tegal, Stasiun Pekalongan, Stasiun Semarang Tawang dan untuk Lintas Selatan dimulai dari Stasiun Jakarta Gudang, Stasiun Cirebon Prujakan, Stasiun Purwokerto, Stasiun Kroya, Stasiun Kutoarjo, Stasiun Lempuyangan, Stasiun Klaten, Stasiun Purwosari.

Dalam angkutan Motis Ini, tersedia kuota harian sejumlah 928 unit motor yang diangkut menggunakan 2 (dua) kereta api dengan rangkaian masing-masing 8 (delapan) gerbong bagasi (Gerbong B) dan akan berjalan setiap hari selama periode arus mudik pada 26 – 30 April 2022 yang kemudian dilanjutkan periode arus balik pada 05-09 Mei 2022.

Selama pengiriman, peserta juga dapat melakukan pelacakan secara mandiri melalui aplikasi KAI Access maupun website kalogistics.co.id dengan memasukkan nomor resi pengiriman.

Selama penyelenggaraan program, seluruh rangkaian proses angkutan mulai dari penerimaan, pengepakan/packing, pemuatan ke dalam gerbong, pembongkaran dari gerbong hingga penyerahan kepada peserta motis, akan dilayani oleh KAI Logistik.

Leave a Reply