Find Us on Facebook

Subscribe to Our Channel

https://www.youtube.com/@topcareertv1083

Sunday, September 8, 2024
idtopcareer@gmail.com
Tips Karier

Putus Cinta Tapi Tetap Harus Kerja? Ini Tips Menghadapinya (Bagian 1)

Ilustrasi putus cinta.Ilustrasi putus cinta.

Topcareer.id – Putus cinta atau pataah hati karena percintaan bisa jadi hal yang mengguncang dalam kehidupan. Bahkan, tak jarang pengalaman ini bisa membuat hari-hari tampak suram. Tapi, di satu sisi kamu tetap harus pergi kerja. Bagaimana mengatasi semua itu?

“Itu adalah kehilangan, dan aturan untuk berduka berlaku, artinya jangan meremehkan kesedihan Anda. Jangan menyalahkan diri sendiri karena memiliki perasaan. Tapi jangan biarkan itu mendorong atau mendikte semua yang kamu lakukan,” kata Tanisha Ranger, psikolog klinis yang berbasis di Nevada, mengutip HuffPost.

Berikut, beberapa cara yang bisa kamu lakukan ketika putus cinta tapi hari-harimu di tempat kerja tetap bisa dilalui dengan mudah.

1. Rencanakan hal-hal yang diharapkan sepanjang hari kerja

Saran dari Psikoterapis, Shannon Garcia, memperlakukan diri dengan momen-momen kecil yang menyenangkan dapat membuat perbedaan besar setelah putus cinta. Luangkan waktu sejenak untuk secara sadar melakukan sesuatu yang baik untuk diri sendiri saat kamu sedang bekerja.

“Berhenti dan minum kopi atau teh favoritmu dalam perjalanan ke kantor. Buat item makan siang favoritmu atau putuskan kamu memesan makan siang dari tempat pilihanmu. Kenakan sweater nyaman atau pakaian yang meningkatkan kepercayaan dirimu,” katanya.

“Kuncinya adalah mengatakan pada diri sendiri, ‘Ini untuk saya.’ Kamu telah melalui sesuatu yang begitu sulit; gunakan ini untuk bersikap baik pada dirimu sendiri.”

2. Jika sulit untuk peduli dengan pekerjaan, lakukan tugas dengan beban kerja rendah terlebih dahulu

Jika mengambil cuti untuk kesehatan mental adalah sebuah pilihan, gunakan waktu istirahat itu untuk beristirahat dan memproses perasaanmu. Tetapi ketika kamu harus kembali bekerja, santai saja.

Baca juga: Kerja Jadi Sales? Ini Rahasia Agar Kamu Tetap Termotivasi

Mungkin sulit untuk berkonsentrasi di tempat kerja, terutama dalam beberapa hari pertama setelah putus cinta, kata Garcia. Itu sebabnya dia merekomendasikan untuk memilih tugas yang dapat kamu selesaikan yang tidak terlalu sulit untuk diselesaikan.

“Mungkin itu mengosongkan kotak masuk atau tugas entri data. Mudahkan hari kerjamu dengan memilih tugas yang membutuhkan lebih sedikit beban mental. Sesuatu yang relatif tidak ada artinya tetapi produktif,” kata Garcia.

3. Prioritaskan tidur

Perasaanmu dibentuk oleh seberapa baik kamu beristirahat. Perpisahan dapat menguras fisik dan mental. Salah satu cara untuk menunjukkan belas kasih kepada diri sendiri selama masa sulit ini adalah dengan tidur nyenyak.

“Pastikan kamu mendapatkan tidur yang cukup agar bangun dengan istirahat yang cukup,” kata Katheryn Perez, terapis pernikahan dan keluarga di Burbank, California.

Jika kamu sulit tidur, kamu dapat minum teh yang menenangkan di malam hari, mandi air hangat atau mendengarkan musik meditasi untuk mengurangi pikiran cemas atau perasaan sedih.

4. Beristirahatlah di luar meja kerja atau tempat kerja

Perez merekomendasikan berjalan kaki singkat selama hari kerja.

“Jika kamu dapat meninggalkan gedung (kantor), silakan tinggalkan gedung itu. Bahkan pergilah ke mobilmu dan nyalakan musik. Lakukan sesuatu yang terasa menyehatkan,” kata Ranger.

Leave a Reply