Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Configuration error or no pictures...

SKILLS.ID

Subscribe to Our Channel

Sabtu, Januari 28, 2023
redaksi@topcareer.id
Tren

Kenapa Instagram Menanyakan Informasi Tanggal Lahir?

Fitur baru Instagram, yakni balas Stories bisa berupa audio.Ilustrasi. Sumber foto: Business Insider

Topcareer.id – Platform media sosial apapun termasuk Instagram (IG) masih jauh dari sempurna, tetapi baru belakangan ini publik mulai menyadari betapa beracun beberapa di antaranya.

Meskipun tidak ada platform yang tanpa masalah, Instagram telah mendapat sorotan khusus dalam beberapa bulan terakhir.

Hal ini karena penelitian menunjukkan bahwa media sosial itu bisa sangat berbahaya bagi gadis-gadis muda.

Meskipun Instagram tidak berubah secara radikal sebagai hasilnya, platform media sosial ini telah mulai membuat beberapa perubahan.

Mengapa Instagram meminta informasi tanggal ulang tahun kamu?
Satu perubahan yang mulai diperhatikan pengguna sebenarnya diluncurkan pada awal musim gugur 2021 dan melibatkan pertanyaan informasi ulang tahun pengguna Instagram ketika mereka masuk ke platform.

Menurut posting blog dari Pavni Diwanji, wakil presiden produk remaja di Instagram, alasan mereka meminta ulang tahun orang adalah agar mereka dapat menciptakan pengalaman yang lebih aman dan lebih pribadi bagi pengguna muda.

“Untuk melakukan itu, kami perlu mengetahui berapa usia semua orang di Instagram, jadi kami mulai meminta orang-orang untuk membagikan ulang tahun mereka kepada kami jika mereka belum pernah membagikannya sebelumnya,” jelas postingan tersebut.

Pada awalnya, aplikasi hanya akan meminta kamu untuk memasukkan usia setiap kali kamu masuk ke Instagram.

Namun, pada akhirnya, jika kamu belum pernah memasukkannya, aplikasi akan mencegah kamu untuk menggunakan Instagram hingga kamu memasukkan informasi tanggal lahir.

Instagram telah membuat perubahan yang berfokus pada usia
Instagram menanyakan usia pengguna sebagian karena telah membuat perubahan pada aplikasinya.

Pada bulan Maret tahun lalu, mereka menerapkan perubahan yang membuat orang di atas 18 tahun tidak bisa mengirim pesan ke orang di bawah 18 tahun yang tidak mengikuti mereka.

IG juga mulai menyetel akun milik orang di bawah 18 tahun menjadi pribadi.

Selain fitur keamanan yang ditambahkan IG, Pavni juga mengatakan bahwa mengetahui usia basis pengguna platform membantu mereka menjadikan pengalaman lebih personal bagi pengguna.

Misalnya, mereka dapat membatasi jenis iklan yang ditayangkan kepada pengguna di bawah 18 tahun.

Selain itu iklan juga dapat lebih dipersonalisasi berdasarkan tahap kehidupan pengguna.

IG juga akan meminta pengguna yang mengklik posting dengan layar peringatan di depan mereka untuk ulang tahun mereka.

Baca juga: Bocoran Fitur Baru Instagram, Bisa Balas Stories Pakai Audio

Instagram berupaya mengatasi informasi ulang tahun palsu
Pavni mengakui bahwa beberapa orang akan memilih untuk memasukkan tanggal lahir palsu untuk menghindari beberapa batasan dari IG.

Saat ini, IG sedang mengerjakan teknologi kecerdasan buatan yang dapat memperkirakan usia pengguna berdasarkan hal-hal pada postingan “selamat ulang tahun” yang mereka terima.

Suatu hari nanti, IG kemungkinan tidak hanya menanyakan informasi ulang tahun, tetapi juga membuat kamu harus memverifikasi usia jika informasi tanggal lahir yang kamu berikan tidak sesuai dengan apa yang disarankan oleh kecerdasan buatan mereka.

Beberapa mungkin merasa itu pelanggaran privasi, tetapi IG berpendapat langkah ini membantu platform jadi lebih aman untuk semua orang.**(Feb)

the authorRino Prasetyo

Tinggalkan Balasan