Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Configuration error or no pictures...

SKILLS.ID

Subscribe to Our Channel

Jumat, September 30, 2022
redaksi@topcareer.id
Tren

Orang Tertua Di Dunia, Kane Tanaka Meninggal di Usia 119 Tahun

Topcareer.id – Kane Tanaka, orang tertua di dunia, telah meninggal di Jepang pada usia 119, menurut sebuah pernyataan yang dikeluarkan oleh Kementerian Kesehatan, Tenaga Kerja dan Kesejahteraan negara itu.

Tanaka, yang lahir pada 2 Januari 1903, meninggal pada 19 April 2022, kata kementerian itu.

Guinness World Records mengatakan mereka sedih mendengar kematian Tanaka.

Pihaknya mengatakan berita kematian telah dikonfirmasi oleh konsultan gerontologi senior Robert Young.

Young juga membantu mengkonfirmasi rekornya sebagai orang tertua yang masih hidup sejak 2019 lalu.

Melalui Twitter, Guinness World Records mengatakan: “Dia menjadi orang tertua yang masih hidup pada Januari 2019 pada usia 116 tahun dan 28 hari.

“Dia juga orang tertua kedua yang pernah tercatat, di belakang Jeanne Calment yang hidup sampai usia 122.”

Keluarga Tanaka mengatakan dalam sebuah tweet awal bulan ini bahwa dia sering sakit baru-baru ini.

Tanaka juga sering masuk dan keluar dari rumah sakit.

Lahir pada tahun 1903, Tanaka menikah dengan seorang pemilik toko beras pada usia 19 tahun, dan bekerja di toko keluarga sampai dia berusia 103 tahun.

Dia dua kali selamat dari kanker dan menjalani banyak peristiwa sejarah. Selamat dari dua perang dunia dan flu Spanyol 1918 serta pandemi Covid-19.

CNN sebelumnya melaporkan Tanaka pernah bersiap untuk berpartisipasi dalam estafet obor Olimpiade menjelang Olimpiade Musim Panas Tokyo 2020 yang ditunda.

Rencananya adalah dia akan mengambil api saat melewati Shime, di prefektur rumahnya di Fukuoka, tetapi akhirnya dia tidak berpartisipasi, karena kekhawatiran tentang Covid-19.

Tanaka telah tinggal di panti jompo di Fukuoka. Keluarganya mengatakan dia menjaga pikiran dan tubuhnya tetap aktif dengan mengerjakan matematika.

Cicit Tanaka, Junko Tanaka membuat akun Twitter pada Januari 2020 untuk merayakan kehidupan supercentenarian.

Dia men-tweet foto nenek buyutnya yang sedang menikmati camilan seperti kue dan soda pop, serta berbagi pencapaiannya dan pertukaran hadiah yang dilakukan dengan kerabatnya.

“Saya mungkin bias karena saya terkait dengannya, tetapi saya pikir itu luar biasa – saya ingin membagikannya kepada dunia dan agar orang-orang merasa terinspirasi dan merasakan kegembiraannya.”

Baca juga: 10 Negara Tertua di Dunia

Pada tahun 2020, satu dari setiap 1.565 orang di Jepang berusia lebih dari 100 tahun, lebih dari 88% di antaranya adalah wanita.

Angka pemerintah yang dirilis pada Juli 2020 menunjukkan bahwa wanita memiliki harapan hidup 87,45 tahun dibandingkan dengan 81,4 untuk pria.

Mengumumkan kematian Tanaka di situs webnya pada hari Senin (25/4/22), Guinness World Records mengatakan “gelar orang tertua yang masih hidup dan orang tertua yang masih hidup (perempuan) saat ini sedang diselidiki” dan rincian lebih lanjut akan diumumkan pada waktunya.

the authorFeby Ferdian

Tinggalkan Balasan