Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Configuration error or no pictures...

SKILLS.ID

Subscribe to Our Channel

Saturday, April 27, 2024
redaksi@topcareer.id
Tren

Pemprov DKI-WIR Group Siap Kembangkan Metaverse Jakarta

Pemprov DKI Jakarta-WIR Group bekerja sama bangun metaverse Jakarta.Metaverse. Sumber foto: verizon.com

Topcareer.id – Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta akan hadir dalam platform metaverse dengan menjalin kerja sama strategis bersama PT WIR Asia Tbk (WIR Group) – perusahaan teknologi berbasis augmented reality terkemuka di Asia Tenggara.

Kehadiran dalam metaverse ini sebagai upaya mendukung visi Jakarta sebagai kota maju melalui pelayanan public excellent yang dapat disejajarkan dengan berbagai kota besar di dunia.

“Pemerintah Provinsi DKI Jakarta berkomitmen untuk melakukan pengembangan di berbagai sektor layanan publik melalui transformasi digital, termasuk dengan menghadirkan realitas virtual metaverse,” kata Kepala Unit Pengelola Jakarta Smart City, Yudhistira Nugraha dalam siaran pers, Kamis (28/7/2022).

“Kami siap mengadopsi teknologi metaverse untuk mewujudkan visi Jakarta sebagai kota maju, lestari dan berbudaya yang warganya terlibat dalam mewujudkan keberadaban, keadilan dan kesejahteraan bagi semua,” ujar Yudhistira.

Pemprov DKI Jakarta menilai kerja sama dengan WIR Group akan memberikan kesempatan luar biasa bagi pengembangan layanan publik di Jakarta.

Dengan mengadopsi teknologi digital metaverse, Pemprov DKI Jakarta juga bisa menggali berbagai potensi dan peluang dalam pengembangan layanan yang sebelumnya tidak terbayangkan.

“Kerjasama strategis dengan WIR Group merupakan upaya untuk memberikan kenyamanan dan kemudahan bagi masyarakat Jakarta dalam mengakses dan mendapatkan layanan,” tambahnya.

Baca juga: Menunda Pekerjaan Di Kafe Ini Bisa Kena Omel Lho!

Yudhistira meyakini pengembangan teknologi digital metaverse dapat mendukung terwujudnya pelayanan publik kelas dunia untuk menyelesaikan berbagai permasalahan kota dan warga secara efektif, sekaligus memberikan pengalaman unik kepada masyarakat.

Sementara bagi WIR Group, kerja sama dengan Pemprov DKI Jakarta menegaskan komitmennya dalam mengembangkan platform metaverse untuk kota-kota besar di Indonesia.

Penandatanganan kerja sama dengan Pemprov DKI Jakarta akan membawa WIR Group pada satu fase penting dalam rangkaian pengembangan ekosistem untuk mendukung platform Metaverse yang lebih besar.

Direktur Utama WIR Group Tbk, Michel Budi Wirjatmo mengatakan, pembangunan Metaverse di Indonesia secara keseluruhan memang membutuhkan waktu cukup lama dan dilakukan secara bertahap hingga tahun 2024 mengingat pengembangannya memiliki kompleksitas yang tinggi.

“Kami mendukung upaya Pemprov DKI Jakarta dalam mengembangkan layanan di platform metaverse dengan membantu menavigasi bagaimana berinteraksi di dunia metaverse yang memerlukan cara-cara khusus dan tentunya dengan memperhatikan peraturan dan regulasi yang berlaku,” tambah Michel.

Dalam mengembangkan teknologi, kata dia, pihaknya juga selalu berpikir dan bertindak mengacu kepada filosofi dan nilai-nilai luhur bangsa.

“Tentunya, kami juga melibatkan pihak-pihak yang memahami konsep budaya dan kearifan lokal dari masing-masing daerah, seperti pakar dan akademisi,” pungkasnya.

Leave a Reply