Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Configuration error or no pictures...

SKILLS.ID

Subscribe to Our Channel

Thursday, March 28, 2024
redaksi@topcareer.id
Tren

Facebook Warna Biru karena Mark Zuckerberg Buta Warna?

Ceo Meta, Mark Zuckerberg.Mark Zuckerberg, CEO Facebook. (dok. Variety)

Topcareer.id – Banyak media sosial dan perusahaan komunikasi telah memilih warna biru sebagai warna merek mereka seperti Twitter, Linkedin, Skype, dan Facebook (Meta).

Sementara pilihan banyak perusahaan itu adalah sebagai strategi pemasaran yang diperhitungkan dan kerena biru adalah “warna komunikasi” kata para ahli, namun penyelidikan mengaitkan skema warna biru Facebook yang terkenal terkait dengan buta warna pendirinya Mark Zuckerberg.

Sebagian besar orang tidak pernah bertanya-tanya mengapa skema warna (atau tema) Facebook sangat didasarkan pada nuansa biru.

Skema warna perusahaan Meta seperti Facebook melukis semua elemen antarmuka dari logo FB hingga latar belakang, warna font dan nuansa temanya semua biru dan putih.

Toh banyak orang juga suka warna biru, sekalipun tidak suka, mereka bahkan tidak pernah mengeluh tentang pilihan palet biru Facebook.

Tetapi jika kamu tidak bisa tidur nyenyak karena memikirkan mengapa Facebook begitu didominasi oleh warna biru, maka inilah jawabannya.

Alasan utamanya adalah miliarder pendiri Facebook Mark Zuckerberg menderita buta warna merah-hijau.

Akibatnya, biru adalah warna yang paling bisa dilihatnya dengan jelas dan nyaman.

Ketika Zuckerberg merancang The Facebook (nama asli Facebook) di Universitas Harvard, ia memilih berbagai warna biru untuk menjadi bagian dari skema warna user interface-nya.

Bagi Zuckerberg, biru adalah warna terbaik.

Buta warna merah-hijau adalah kondisi medis yang sebagian besar bersifat genetik dan biasanya anak mewarisi dari ibunya.

Sekitar 6-8% pria di planet Bumi menderita kondisi ini.

Buta warna merah-hijau tidak berarti bahwa orang yang terkena menjadi bingung antara warna merah dan hijau.

Ini sebenarnya berarti bahwa orang tersebut akan mengacaukan semua warna yang memiliki sedikit warna merah atau hijau di dalamnya.

Misalnya, orang yang menderita ini akan bingung antara warna biru dan ungu, karena dia tidak akan dapat melihat bagian merah dalam warna ungu.

Oleh karena itu, warna ungu juga akan tampak biru bagi orang tersebut yang menderita buta warna merah-hijau.

Mark Zuckerberg mengatakan kepada majalah New Yorker, “Biru adalah warna terkaya bagi mata saya. Saya bisa melihat semuanya dengan warna biru.”

Meskipun ketidakmampuannya membedakan warna dengan benar, Mark Zuckerberg telah memberikan dunia dengan kisah sukses yang luar biasa.

Facebook telah membuatnya menjadi miliarder dunia, nama besar, dan ketenaran.

Baca juga: Keren! Meta Garap Iklan 3D untuk Facebook dan Instagram

Kecacatan buta warna merah-hijau yang Zuckerberg derita tidak menghentikannya untuk menjadi pengusaha sukses.

“Biarkan FB menjadi biru… Skema warna FB, menurut saya, adalah inspirasi bahwa sumber daya yang terbatas tidak selalu menentukan keberhasilan atau kegagalan suatu usaha.” Tutur Zuckerberg.

Kesediaan untuk melakukan sesuatu dalam membangun suatu usaha lebih memainkan peranan penting.**(Feb)

the authorRino Prasetyo

Leave a Reply