Find Us on Facebook

Instagram Gallery

SKILLS.ID

Subscribe to Our Channel

Kamis, Juni 30, 2022
redaksi@topcareer.id
Tips Karier

Hei Introvert! Gunakan Kekuatan Ini untuk Kemajuan Karier (Bagian 1)

Introvert memiliki kekuatan yang bisa diamnfaatkan untuk memajukan karier.Ilustrasi. (dok. Startup Stock Photos)

Topcareer.id – Tempat kerja yang sibuk, bisa membuat para introvert merasa kewalahan dengan adanya kebisingan dan pergerakan yang konstan. Tapi, bukan berarti kantor adalah tempat yang selalu menakutkan untuk introvert. Kamu punya kekuatan super untuk mencapai karier yang cemerlang.

“Introvert dapat dianggap lebih fokus pada pemikiran internal, perasaan dan suasana hati agar lebih tenang, diam, dan introspektif,” kata Dr Natalie Games, psikolog klinis di Alliance Counselling dikutip dari laman AsiaOne.

“Mereka umumnya lebih menyukai lingkungan yang tenang dan minim stimulasi, sementara ekstrovert membutuhkan tingkat stimulasi yang lebih tinggi untuk merasakan kondisi optimal mereka. Stimulasi termasuk stimulasi sosial dan juga lampu, kebisingan dan lain-lain,” jelasnya.

Kamu yang memiliki kepribadian introvert bisa memanfaatkan kualitasmu untuk unggul dalam karier. Introvert memiliki beberapa ciri karakter yang benar-benar membantu mereka di kantor, dan mereka harus memanfaatkan kekuatan ini:

Pengambilan keputusan yang hati-hati

Introvert cenderung lebih berhati-hati dalam hal pengambilan keputusan, sedangkan ekstrovert cenderung menjadi tipe “go for it”.

“Ada saat-saat di mana satu pendekatan diperlukan, dan saat-saat di mana yang lain dibutuhkan. Dan ada saat-saat ketika ‘seizing the day’ bukanlah pendekatan yang tepat,” kata Dr Natalie Games.

Baca juga: Perlu Nggak Ya Memasukkan IPK Ke Dalam Resume?

Seizing the day adalah mengambil kesempatan untuk melakukan sesuatu/memutuskan sesuatu pada saat ini tanpa mengkhawatirkan masa depan.

Pendengar yang baik

Introvert biasanya adalah pendengar yang baik. Mereka sering memperoleh keterampilan ini karena mereka benar-benar tidak suka perhatian untuk diri mereka sendiri, jadi mereka belajar mendengarkan orang lain.

Dr Games mengutip Susan McCain, penulis Quiet: The Power of Introverts, yang mengatakan bahwa, seiring waktu, ini menjadi keterampilan yang diasah dengan baik yang luar biasa untuk ikatan sosial, pencarian fakta, dan negosiasi.

Kreativitas

Introvert merasa lebih mudah untuk duduk diam di ruangan sendiri karena mereka tidak menderita saat rangsangan dihilangkan. Itu hal yang sama untuk kreativitas.

“Sangat sulit untuk melakukan pekerjaan kreatif tanpa menghabiskan sedikit waktu sendirian. Ini lebih mudah bagi introvert. Ada penelitian yang menunjukkan bahwa orang paling kreatif di banyak bidang adalah introvert, dan itu bukan kebetulan,” kata Dr Games.

Tinggalkan Balasan