Find Us on Facebook

Instagram Gallery

SKILLS.ID

Subscribe to Our Channel

Kamis, Juni 30, 2022
redaksi@topcareer.id
Tips Karier

Hei Introvert! Gunakan Kekuatan Ini untuk Kemajuan Karier (Bagian 2)

Introvert memiliki kekuatan yang bisa memajukan karier.Ilustrasi. Sumber foto: hrdailyadvisor.blr.com

Topcareer.id – Tempat kerja yang sibuk, bisa membuat para introvert merasa kewalahan dengan adanya kebisingan dan pergerakan yang konstan. Tapi, bukan berarti kantor adalah tempat yang selalu menakutkan untuk introvert. Kamu punya kekuatan super untuk mencapai karier yang cemerlang.

“Introvert dapat dianggap lebih fokus pada pemikiran internal, perasaan dan suasana hati agar lebih tenang, diam, dan introspektif,” kata Dr Natalie Games, psikolog klinis di Alliance Counselling dikutip dari laman AsiaOne.

“Mereka umumnya lebih menyukai lingkungan yang tenang dan minim stimulasi, sementara ekstrovert membutuhkan tingkat stimulasi yang lebih tinggi untuk merasakan kondisi optimal mereka. Stimulasi termasuk stimulasi sosial dan juga lampu, kebisingan dan lain-lain,” jelasnya.

Kamu yang memiliki kepribadian introvert bisa memanfaatkan kualitasmu untuk unggul dalam karier. Introvert memiliki beberapa ciri karakter yang benar-benar membantu mereka di kantor, dan mereka harus memanfaatkan kekuatan ini:

Mandiri

Introvert adalah pemula mandiri yang sangat baik yang cenderung termotivasi secara intrinsik untuk berprestasi.

Grace Loh, psikoterapis, konselor dan pelatih di Counselling Perspective, menjelaskan bahwa ini berarti pendorong internal mereka (bukan motivasi eksternal) memungkinkan mereka untuk lebih fokus dan rajin.

Baca juga: Bikin To Do List Tidak Sembarangan, Hindari 8 Kesalahan Ini (Bagian 1)

Intuitif

Grace menagatakan bahwa introvert cenderung intuitif, jeli dan memiliki keterampilan mendengarkan yang sangat baik, memungkinkan mereka untuk menawarkan wawasan yang didukung data.

“Dan lebih terbiasa untuk memahami kebutuhan, kekuatan, dan tantangan pemain tim yang berbeda, yang dapat membantu memfasilitasi kerja tim dan proyek yang lebih baik,” kata Grace.

Tenang di bawah tekanan

Introvert dapat tetap tenang di bawah tekanan, menurut Grace. Itu lantas memungkinkan manajemen krisis yang lebih tenang yang dapat meyakinkan dan lebih efektif untuk anggota tim lainnya.

Contoh wanita sukses yang introvert: Eleanor Roosevelt, Hillary Clinton, JK Rowling, Meryl Streep dan Rosa Parks.

“Introvert seharusnya tidak menghindar untuk menunjukkan bahwa mereka bisa menjadi pembangkit tenaga yang tenang di tempat kerja,” tambah Grace.

Tinggalkan Balasan