Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Configuration error or no pictures...

SKILLS.ID

Subscribe to Our Channel

Sabtu, Februari 4, 2023
redaksi@topcareer.id
Tren

Segera! Kamu Bisa Minta Google Hapus Data Pribadi dari Hasil Penelusuran

Pengguna bisa minta hapus informasi pribadi di hasil pencarian Google.

Topcareer.id – Kamu ingin menghapus seluruh informasi pribadimu di pencarian Google? Akhirnya, Google permudah kamu yang ingin melakukan hal itu, sehingga semua data pribadi tidak muncul di pencarian online.

Raksasa pencarian internet milik Alphabet baru-baru ini meluncurkan kebijakan dan alat baru yang memungkinkan pengguna dengan cepat dan mudah meminta penghapusan data pribadi – seperti nomor telepon, alamat email, atau bahkan alamat fisikmu – dari hasil pencarian.

Sebelumnya, pengguna harus menunjukkan bukti potensi bahaya, seperti doxxing atau pencurian identitas, agar Google menghapus informasi pribadi mereka dari hasil pencarian, perusahaan mencatat dalam posting blog April.

Sekarang, kamu bisa menghapus informasimu dari hasil tersebut untuk alasan apapun – dan hanya dengan mengklik tombol.

“Bagi banyak orang, elemen kunci untuk merasa lebih aman dan lebih pribadi saat online adalah memiliki kontrol yang lebih besar atas di mana informasi sensitif dan identitas pribadi mereka dapat ditemukan,” kata Danielle Romain, wakil presiden kepercayaan Google, menulis dalam posting blog terpisah pada Rabu (11/5/2022).

Yang terpenting, tidak setiap permintaan dijamin persetujuan: Perusahaan tidak boleh menghapus data pribadimu dari hasil pencariannya jika informasi tersebut layak diberitakan – misalnya, jika muncul dalam artikel berita yang relevan – atau jika disertakan di situs web pemerintah atau pejabat lain, menurut Google.

“Penting untuk dicatat bahwa ketika kami menerima permintaan penghapusan, kami akan mengevaluasi semua konten di halaman web untuk memastikan bahwa kami tidak membatasi ketersediaan informasi lain yang berguna secara luas, misalnya dalam artikel berita,” perusahaan mencatat dalam Posting blog.

Baca juga: Di Negara Ini, Narapidana Bisa Dapat Remisi Hanya Dengan Membaca Buku

Saat ini, siapapun dapat mengisi formulir online untuk mengajukan permintaan penghapusan. Pada hari Rabu, perusahaan mengumumkan alat baru yang akan datang, di mana pengguna yang menemukan informasi pribadi mereka di hasil pencarian akan dapat meminta penghapusan data itu hanya dengan beberapa klik. Perusahaan mengatakan alat itu akan tersedia “dalam beberapa bulan mendatang.”

Perusahaan telah mengatakan ingin memproses semua permintaan penghapusan dengan cepat, dan keputusan itu akan dibuat melalui kombinasi alat algoritmik dan pemantauan manusia atas permintaan tersebut.

Pada formulir online, kamu dapat mengklik opsi untuk “menghapus informasi pengenal pribadi (PII) tertentu atau konten doxxing dari Google Penelusuran.”

Dari sana, kamu akan menjawab serangkaian pertanyaan tentang jenis informasi pribadi yang muncul di hasil penelusuran, URL situs web yang menampilkan informasi, istilah penelusuran yang digunakan untuk memunculkan hasil tersebut di penelusuran Google, dan bahkan tangkapan layar situs web dan penelusuran hasil.

Tentu saja, kebijakan dan alat baru ini hanya terkait dengan informasi pribadi yang muncul di hasil penelusuran Google.

Google tidak dapat menghapus data pribadimu dari internet sepenuhnya, dan perusahaan menyarankan agar kamu menghubungi situs web yang menghosting informasimu secara langsung untuk meminta penghapusannya dari situs tersebut

Tinggalkan Balasan