Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Configuration error or no pictures...

SKILLS.ID

Subscribe to Our Channel

Wednesday, April 24, 2024
redaksi@topcareer.id
SekolahTren

Seberapa Menjanjikan Pendidikan STEM untuk Karier Masa Depan?

Bidang STEM dalam pendidikan yang punya peran penting.Bidang STEM dalam pendidikan yang punya peran penting.

Topcareer.id – Pendidikan Science, Technology, Engineering, dan Mathematics atau biasa disebut STEM, memiliki peran penting untuk menjawab tantangan ilmu yang dibutuhkan di era industri 4.0 sebagai bagian dari sistem pendidikan nasional Indonesia.

Berdasarkan data dari Bank Dunia, pendidikan STEM memiliki peran yang signifikan dalam memenuhi kebutuhan tenaga kerja di masa depan, di mana terdapat permintaan tinggi untuk tenaga kerja dalam bidang yang berkaitan dengan STEM.

Direktur Wilayah Asia Tenggara, Cambridge Assessment International Education, Ben Schmidt, menjelaskan pentingnya pendidikan STEM dalam mempersiapkan siswa untuk menghadapi tantangan di masa mendatang.

“Selain memberikan kesempatan besar untuk melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi dan membuka pilihan karier yang lebih luas, STEM menawarkan berbagai keahlian kepada siswa,” kata Ben dalam siaran pers yang diterima Topcareer.id, Rabu (25/5/2022).

“Ini yang memungkinkan mereka memahami dunia sekitar dari sudut pandang yang lebih kritis demi menciptakan masa depan yang berkelanjutan bagi umat manusia dan planet bumi secara keseluruhan,” lanjut Ben.

Oleh karena itu, masih kata Ben, sangat penting bagi STEM untuk menjadi bagian dalam menciptakan kurikulum yang luas dan seimbang di sekolah-sekolah berbasis pendidikan Cambridge.

Karier yang berkaitan dengan STEM menawarkan kesempatan menjanjikan bagi para pekerja di Indonesia.

Baca juga: Kerja Itu Harus Happy, Begini Cara Tingkatkan Kebahagiaan Di Kantor

Berdasarkan data yang diperoleh dari Jobstreet, 7 dari 10 pekerjaan dengan penghasilan tertinggi di Indonesia merupakan pekerjaan dalam bidang STEM, seperti telekomunikasi, teknik komputer, pertambangan, serta teknologi.

Selain itu, data tahun 2021 dari Glints and Monk’s Hill Ventures juga menunjukkan bahwa pekerjaan dalam bidang STEM menawarkan bayaran lebih besar dibandingkan dengan bidang non-STEM, sehingga diminati baik oleh pekerja lokal maupun global.

Penghasilan untuk pekerjaan dalam bidang STEM berkisar antara 1,000 USD hingga 7,000 USD untuk posisi junior di Asia Tenggara.

Meskipun pemahaman mendalam terhadap suatu mata pelajaran merupakan hal yang penting dalam proses pembelajaran, mendorong siswa untuk dapat memiliki kemampuan berpikir tingkat tinggi seperti pemecahan masalah, berpikir kritis, dan kolaborasi, juga tidak kalah penting untuk membantu mereka mencapai kesuksesan dalam karier ke depannya.

Kurikulum Internasional Cambridge dirancang sedemikian rupa untuk dapat membuat matematika, teknologi, dan sains menjadi menarik bagi siswa, tidak hanya bagi mereka yang memang memiliki minat pada bidang-bidang tersebut.

Kurikulum tersebut menyajikan cara berpikir serta teknik pemecahan masalah yang harus dipahami oleh semua pelajar.

Leave a Reply