Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Configuration error or no pictures...

SKILLS.ID

Subscribe to Our Channel

Thursday, April 25, 2024
redaksi@topcareer.id
Lifestyle

Olahraga yang Boleh dan Nggak Boleh Dilakukan Saat Flu

Ilustrasi sembuhkan pilek secara alami.Ilustrasi sembuhkan pilek secara alami.

Topcareer.id – Berolahraga memang baik untuk kesehatan, menjaga daya tahan tubuh. Tapi, kalau lagi flu melanda, tarik ulur lendir di hidung, masih boleh nggak ya untuk olahraga?

Meskipun mengikuti rutinitas kebugaran rutin bermanfaat bagi kesehatan secara keseluruhan, penting untuk mendengarkan tubuhmu dan menyesuaikan olahraga yang tepat saat cuaca buruk.

Untuk memperoleh gagasan yang lebih baik tentang olahraga yang bisa dilakukan saat flu, Insider meminta tiga ahli untuk membagikan rekomendasi mereka.

Ketika OK untuk berolahraga dengan flu

Apakah harus keluar rumah untuk jogging atau kembali ke tempat tidur untuk istirahat lebih banyak tergantung pada keparahan gejala. Secara umum, jika kamu berurusan dengan flu biasa, kamu akan memiliki gejala seperti bersin, hidung mampet, sakit tenggorokan, dan kelelahan.

Jika flu ringan, biasanya OK untuk terus berolahraga, tapi pastikan untuk memodifikasi bentuk olahragamu sehingga kamu menghabiskan lebih sedikit energi secara keseluruhan.

Misalnya, jika biasanya berolahraga selama satu jam (30 menit cardio intensitas tinggi diikuti dengan 30 menit pelatihan resistensi), kamu harus memodifikasi latihan menjadi 20 hingga 30 menit cardio intensitas rendah dan beberapa peregangan atau yoga sebagai gantinya.

Juga, jika kamu pergi ke gym untuk berolahraga, ekstra hati-hati di sekitar teman latihan karena kamu mungkin menular. Jika gejala pilek lebih parah, seperti batuk yang membeku, dada tersumbat, atau sulit bernapas, dokter menyarankan agar kamu tidak perlu berolahraga beberapa hari.

Olahraga yang baik saat pilek

“Berolahraga terlalu keras ketika kamu sakit dapat membuat tubuh lebih sulit melawan infeksi,” kata Kenton Fibel, seorang dokter keluarga yang berspesialisasi dalam kedokteran olahraga di Cedars-Sinai Kerlan-Jobe Institute.

Baca juga: Pendidikan Tinggi Terkait Dengan Pernikahan Langgeng

Di sini, para ahli mempertimbangkan latihan terbaik dan terburuk yang harus dilakukan ketika kamu masuk angin.

Aktivitas lampu hijau

Latihan berdampak rendah tidak meningkatkan detak jantung terlalu banyak atau menyebabkan kelelahan yang berlebihan, yang menjadikannya olahraga teraman ketika masuk angin.

Berjalan
Yoga
Pilates

Kegiatan lampu kuning

Aktivitas ini akan meningkatkan detak jantung lebih dari aktivitas lampu hijau, sehingga mereka dapat membuatmu cepat lelah. Lakukan aktivitas ini hanya jika itu adalah bagian dari rutinitas kebugaran rutinmu dan tidak membuat gejala lebih buruk saat melakukannya.

Jogging
Mengangkat beban ringan
Berenang (meskipun bernafas mungkin sulit ketika tersumbat)
Bersepeda dengan kecepatan rendah hingga sedang

Aktivitas lampu merah

Apa pun tingkat kebugaranmu, hindari kegiatan-kegiatan ini karena itu adalah latihan intensitas tinggi dan dapat membebanimu.

Berlari
Pelatihan ketahanan
Latihan kekuatan
Bersepeda dengan intensitas tinggi
Berolahraga dalam cuaca dingin, terutama dalam suhu di bawah titik beku
Latihan interval intensitas tinggi (HIIT)

Leave a Reply