Find Us on Facebook

Instagram Gallery

SKILLS.ID

Subscribe to Our Channel

Kamis, Juni 30, 2022
redaksi@topcareer.id
Profesional

Bagaimana Menetapkan Batasan di Tempat Kerja

Topcareer.id – Banyak orang akan berada dalam situasi di tempat kerja di mana bisa merasa tidak nyaman atau ingin mengatakan ‘tidak’. Dalam hal ini kamu harus bisa menetapkan batasan dan berani untuk menolak pekerjaan.

Untuk kata kecil seperti itu, ‘tidak’ bisa sulit dikatakan.

Sementara mengatakan tidak kepada atasan atau kolega mungkin terasa seperti sebuah konfrontasi.

Psikolog dari SEEK Sabina Read mengatakan bahwa mengatakan ‘tidak’ sebenarnya adalah bagian penting dari menetapkan batasan.

“Batas itu penting baik secara pribadi maupun profesional,” kata Read.

“Tidak selalu mudah untuk mengidentifikasi di mana batas-batas Anda, tetapi kebanyakan dari kita langsung tahu kapan batas-batas itu dilanggar.” Jelas Read.

Menetapkan batasan sendiri dapat membantu kamu mengatasi masalah.

Cari tahu apa batasan kamu
Untuk memulainya, penting untuk mengidentifikasi dan menentukan batasan kamu.

Batasan itu berbeda untuk setiap individu masing-masing.

Perasaan keberatan yang kamu alami ini dapat membantu kamu mengidentifikasi batasan yang akan kamu ambil.

Itu dapat berupa batasan untuk apa yang kamu setujui, seperti beban kerja harian. Atau, mungkin bagi kamu batasan berarti tidak memeriksa email kantor setelah jam 6 sore.

Bagaimana cara membicarakan batasan dengan atasan
Jika kamu telah mengidentifikasi masalah yang berkaitan dengan batasanmu di tempat kerja, ada baiknya kamu mencari orang yang paling tepat untuk diajak bicara dan membicarakannya.

“Wajar jika merasa khawatir untuk memulai diskusi ini, tetapi bersiap sebelumnya berarti kamu dapat melakukan percakapan yang sehat dan produktif tentang batasan kamu,” kata Read. “Ingat, ‘batas’ bukanlah hal buruk!” Tegasnya.

Sebelum percakapan dimulai, tuliskan pemikiranmu dan dapatkan kejelasan tentang apa yang ingin kamu diskusikan.

Bagaimana cara mengatakan tidak
Setelah kamu sudah lebih percaya diri dengan batasan yang kamu tentukan, kamu mungkin perlu menggunakannya dalam situasi di mana kamu ingin mengatakan tidak.

Jika kamu berada dalam situasi di mana kamu diminta untuk melakukan sesuatu yang melampaui batas, ada cara untuk bersikap sopan, tetapi tetap teguh pada pendirianmu.

Apabila kamu diminta untuk mengambil pekerjaan pada menit terakhir, kamu bisa mengatakan:

“Terima kasih banyak telah memikirkan saya untuk ini, tetapi saya telah mengalokasikan waktu saya minggu ini untuk mengerjakan proyek A. Mari kita bicarakan kapan saya bisa menyesuaikannya.”

Baca juga: Pentingnya Mengerti Batasan Tubuh saat Beraktivitas

Jika kamu diminta untuk berulang kali bekerja lebih lama, kamu bisa mengatakan:
“Saya memiliki sesuatu yang ingin saya diskusikan dengan Anda yang menurut saya akan membantu kita bekerja sama dengan lebih efektif.”

Saat atasan kamu bekerja dengan jam kerja yang berlebihan dan mengharapkan orang lain melakukan hal yang sama, kamu bisa mengatakan:
“Saya pikir kita memiliki harapan yang berbeda seputar jam kerja umum, saya ingin mendengar pendapat Anda tentang hal ini.”

Memperjelas batas diri kamu dapat menjadi langkah penting untuk merasa lebih puas di tempat kerja dan lebih dipahami oleh rekan kerja.

Dengan mengikuti langkah-langkah ini, kamu akan bisa mengidentifikasi batasanmu dan melakukan pekerjaan terbaikmu.**(Feb)

the authorRino Prasetyo

Tinggalkan Balasan