Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Configuration error or no pictures...

SKILLS.ID

Subscribe to Our Channel

Thursday, April 25, 2024
redaksi@topcareer.id
Tips Karier

4 Cara lawan Pikiran Negatif tentang Pekerjaan

Work. Waktu-waktu rentan pekerja lakukan kesalahan.Waktu-waktu rentan pekerja lakukan kesalahan. (Dok/claromentis.com)

Topcareer.id – Tidak peduli seberapa besar kamu menyukai pekerjaan yang kamu jalani, tetap akan ada saat-saat ketika kamu merasa tidak termotivasi dan berpikiran negatif.

Bagi banyak orang, pikiran dan perasaan negatif berlalu dengan cepat.

Tetapi terkadang pikiran dan emosi negatif ini bertahan, dan dapat memengaruhi kesejahteraanmu.

Dampak dari pola pikir negatif
Tidak selalu mudah untuk mengenali jika kamu memiliki kebiasaan mental negatif.

Bagi banyak orang, itu bisa menjadi suara hati yang kritis atau self-talk yang negatif, dan ini dapat memengaruhimu dalam berbagai cara di tempat kerja.

Berikut ini empat cara untuk membantu memerangi pola pikir negatif:

Dengarkan pikiranmu
Memperhatikan pikiran berulang dapat membantu. Begitu kamu mengetahui pola pikir umum kamu yang tidak membantu, cobalah menjelajahi lebih dalam dan mempertanyakannya.

Ketahui pola berpikir negatif
Ada tiga pola utama berpikir negatif:

  1. Bencana. Ini adalah saat kamu berpikir ada sesuatu yang jauh lebih buruk daripada yang sebenarnya. Jika kamu berpikir hal-hal seperti, “Ini adalah kesalahan terburuk dan tidak akan berhasil” maka kamu mungkin akan benar-benar mengalami bencana besar.”
  2. Personalisasi. Personalisasi adalah ketika kamu berpikir semuanya adalah serangan pribadi. Kamu menganggap bahwa dirimu yang harus disalahkan, atau kami merasa disalahkan atas semua yang salah.
  3. Pemikiran hitam putih. Kata-kata seperti ‘selalu’, ‘tidak pernah’, ‘bencana’, ‘sempurna’ atau ‘mustahil’ adalah indikator pemikiran hitam putih. Berpikir ekstrem seperti ini dapat menghentikan kamu dari pertumbuhan karena kamu menganggap dirimu tidak dapat mempelajari keterampilan tertentu.

Bawa pikiran kamu ke arah yang bijak
Dengan membawa pemikiranmu ke arah yang lebih bijak, kamu akan lebih berani menantang pemikiran burukmu. Kamu jadi berusaha mencari tahu apakah pikiran negatif itu benar. Tuliskan semua ‘bukti’ yang kamu miliki. Hanya memikirkan hal yang sama berulang-ulang bukanlah bukti.

Baca juga: Terlalu Baik di Kantor Memiliki Dampak Negatif

Fokus pada pertumbuhan
Ketahanan adalah bagian besar dari kesejahteraan di tempat kerja. Orang yang tangguh memiliki pola pikir yang berkembang, bukan yang tetap.

Orang-orang dengan mindset berkembang melihat apa yang dapat mereka pelajari dari tantangan, dan melihat hal negatif sebagai kesempatan untuk belajar dan tumbuh.

Daripada terjebak dengan pikiran negatif, tanyakan pada diri sendiri apa yang dapat kamu pelajari ketika segala sesuatunya tidak berjalan sesuai rencana.

the authorFeby Ferdian

Leave a Reply