Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Configuration error or no pictures...

SKILLS.ID

Subscribe to Our Channel

Sabtu, Januari 28, 2023
redaksi@topcareer.id
Lifestyle

Rutin Olahraga tapi Jadi Jerawatan? Coba 8 Tips Ini

rutin olahraga bisa bikin jerawatan.Ilustrasi. (dok. Zumper)

Topcareer.id – Dalam banyak hal, olahraga bisa sangat baik untuk kulit. Ini dapat meningkatkan aliran darah ke sel-sel kulit, membawa nutrisi dan oksigen dan membuang limbah, yang dapat membantu penyembuhan. Tapi, berkeringat juga dapat menciptakan kondisi sempurna untuk bakteri dan jerawatan.

Bakteri dari keringat itu jadi penyebab jerawat berkembang dengan baik sehingga lebih sering jerawatan. Untuk mencegah jerawat pasca-olahraga, dokter kulit merekomendasikan 8 tips berikut, seperti dalam laman Healthline.

1. Jika memakai riasan, hapus sebelum latihan

Susan Massick, dokter kulit di The Ohio State University Wexner Medical Center, merekomendasikan membersihkan wajah sebelum berolahraga untuk menghilangkan makeup.

Selama berolahraga, ada peningkatan aliran darah ke kulit. Peningkatan aliran darah ini menyebabkan pori-pori terbuka. Riasan wajah dapat menyebabkan keringat dan bakteri terperangkap di pori-pori yang membesar. Seiring waktu, ini dapat menyebabkan pori-pori tersumbat dan jerawat.

2. Jika rambutmu panjang, kuncir ke belakang

Massick berkata kamu harus menjaga rambut panjang agar dikuncir tarik ke belakang dan jangan sampai rambut-rambut itu mengenai wajah. Minyak alami dari rambut dan produk perawatan rambut dapat ditransfer ke kulitmu.

Rambut juga bisa memerangkap kelembapan pada kulit. Ini dapat menyumbat pori-pori dan mendorong pertumbuhan jamur, berkontribusi untuk berjerawat.

3. Bersihkan semua peralatan yang akan menyentuh wajah

“Bersihkan semua peralatan yang akan menyentuh wajah,” kata Massick. Ini termasuk headphone, jika kamu menikmati mendengarkan musik atau podcast yang baik selama olahraga. Kamu juga harus membersihkan peralatan olahraga yang menyentuh wajah, seperti helm.

4. Bersihkan peralatan olahraga bersama

Massick merekomendasikan untuk membersihkan semua peralatan olahraga bersama sebelum digunakan.Menyeka peralatan sebelum digunakan akan membantu menghilangkan beberapa bakteri, kotoran, dan minyak yang menyusahkan yang mungkin masuk ke kulitmu.

Baca juga: 3 Cara Efektif Atasi Leher Kaku Di Tempat Kerja

5. Hindari menyentuh wajahmu dengan tangan

Menurut Massick, bakteri, minyak, atau kotoran apapun yang kamu sentuh dapat ditransfer ke kulit, berkontribusi pada pori-pori dan infeksi yang tersumbat.

6. Kenakan pakaian longgar dan lembab

Pakaian yang berkeringat dan ketat memerangkap kelembapan di kulitmu, menciptakan kondisi yang sempurna untuk jerawat, kata Massick.

Jenis bakteri yang biasa ditemukan pada kulit yang disebut Malassezia dapat tumbuh subur dalam kondisi hangat dan lembab yang diciptakan oleh pakaian olahraga. Ketika bakteri ini tumbuh berlebihan pada kulit, itu dapat menyebabkan jenis jerawat jamur berkembang.

7. Ganti pakaian yang berkeringat sesegera mungkin

Elizabeth M. Damstetter, FAAD, asisten profesor dermatologi, Pusat Medis Universitas Rush, menyarankan agar kamu mengganti pakaian yang berkeringat setelah berolahraga karena alasan yang sama seperti di atas.

Pastikan untuk mencuci pakaian sebelum memakainya lagi karena minyak dan kotoran yang menyumbat pori-pori dapat terperangkap di sana dan berpindah ke kulit saat olahraga berikutnya.

8. Mandi setelah olahraga

Jika memungkinkan, mandilah setelah berolahraga untuk menghilangkan keringat, minyak, kotoran, dan bakteri yang mungkin menumpuk. Damstetter merekomendasikan menggunakan pembersih wajah dan tubuh yang mengandung benzoil peroksida untuk membersihkan kulit yang rentan berjerawat. Benzoil peroksida dapat mengurangi jumlah bakteri penyebab jerawat yang disebut Cutibacterium acnes.

Tinggalkan Balasan