Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Configuration error or no pictures...

SKILLS.ID

Subscribe to Our Channel

Tuesday, April 23, 2024
redaksi@topcareer.id
Tren

Anjing Ini Jadi Superhero Jaga Kota Tetap Bersih

Dok/SuaraDok/Suara

Topcareer.id – Sam, anjing ‘superhero’ berkaki empat, bekerja untuk menjaga taman di ibu kota negara Chili agar tetap bersih dan hijau. Kekuatan super anjing ini adalah Mengumpulkan sampah sebagai panutan bagi pengunjung yang datang.

Anjing jenis Border Collie ini biasa berjalan-jalan di taman metropolitan Santiago dengan pemiliknya.

Semuanya berawal ketika Sam dan Gonzalo Chiang harus berhenti lagi dan lagi di area hijau terbesar di kota itu untuk mengambil botol plastik, masker, kaleng, dan paket makanan.

“Disaat berjalan-jalan dengan Sam, kami selalu menemukan banyak sampah,” kata Chiang dalam sebuah wawancara.

“Dari situ muncul kebutuhan untuk datang dan siap membantu membuang sampah yang kami temukan di setiap kunjungan.” Tambahnya.

Pada bulan April saja, Sam dan Gonzalo mengumpulkan 602 masker, 585 botol, dan 304 kaleng selain pakaian, helm, dan bungkus makanan, menurut hitungan resmi.

“Jalan kaki adalah kesempatan yang baik untuk membersihkan, daripada membuang sampah sembarangan,” kata Chiang.

Pejabat taman terkesan oleh Sam, yang mengunjungi objek wisata setidaknya tiga kali seminggu.

Ia pun memutuskan untuk menggunakan citra Sam dalam kampanye perawatan taman kota agar tetap bersih dan hijau.

Catalina Aravena mengubah anjing Border Collie berusia 5 1/2 tahun ini menjadi kartun di acara “Sam: The Parquemet Superhero,” yang menyuruh pengunjung membawa sampah mereka atau menggunakan salah satu dari lebih dari 40 titik daur ulang di seluruh taman.

Baca juga: Wow! Anjing Ternyata Mampu Mendeteksi Penderita Covid-19

Taman, kebun binatang, beberapa jalur pendakian dan kereta listrik semua meluncurkan kampanye anti-sampah sejak tahun lalu.

Mereka mendesak penjual minuman untuk beralih dari plastik ke gelas kaca, dan mulai mengklasifikasikan sampah ke tempat sampah terpisah.

Sam dan Gonzalo “telah mengilhami kami untuk mempercepat proses pendidikan ini dan menyusun klasifikasi sampah ini,” kata Eduardo Villalobos, penjabat direktur taman itu.**(Feb)

the authorRino Prasetyo

Leave a Reply