Find Us on Facebook

Instagram Gallery

SKILLS.ID

Subscribe to Our Channel

Kamis, Juni 30, 2022
redaksi@topcareer.id
Sosok

Yuk, Kenalan dengan Sinden Cantik Asal Argentina, Natalia Ramirez Franco

Natalia Ramirez Franco. Dok/Indonesia NoticiaNatalia Ramirez Franco. Dok/Indonesia Noticia

Topcareer.id – Keragaman budaya Indonesia memang selalu menjadi pemikat kuat bagi para pemerhati seni di seluruh Indonesia. Di tengah gempuran kultur pop dari Negeri Asing, beberapa budaya Indonesia nyatanya sanggup menggaungkan diri hingga ke ranah Internasional, salah satunya adalah kesenian gamelan.

Berbicara mengenai kesenian gamelan, ada kisah menarik dari negara Argentina, di mana ada seorang warga di sana yang memutuskan untuk berkarier sebagai Sinden. Ia adalah Natalia Ramirez Franco, yang kini tergabung dalam grup musik gamelan di KBRI, Sang Bagaskara.

Natalie mengaku, ia mulai mempelajari gamelan di KBRI Buenos Aires, Argentina pada 2017 lalu. Natalia memulai latihannya dengan instrumental paling dasar, yaitu Balungan., sebelum akhirnya fokus ke ranah Sinden.

“Gamelan memiliki suara yang unik, yang menghubungkan saya dengan emosi yang mendalam. Irama yang berulang dari musik gamelan menghasilkan keadaan relaksasi dan harmoni kepada pendengar,” ucapnya seperti dikutip dari Indonesia Noticia.

Natalie menambahkan, saking menenangkannya, ia sampai merasakan ketenangan ketika sedang menyinden. “Ketika saya sedang bermain atau menyanyi, saya merasa sedang bermeditasi.”

Baca juga: Evita Ardianty, Sosok Kartini yang Menjabat Finance Director di PT Rekayasa Engineering

Kesulitan mempelajari gamelan

Meski datang dari dunia tarik suara, Natalia mengaku ada banyak tantangan yang dihadapinya saat belajar menjadi sinden. Salah satu yang paling dirasakannya adalah tuning.

“Notasi gamelan berbeda dengan nada-nada musik yang sudah biasa saya gunakan. Dengan musik gamelan, saya harus sepenuhnya membenamkan diri dan memusatkan pikiran pada nada yang di telinga saya, yang sebelunya belum ada,” kisahnya.

“Saya masih harus banyak belajar dari teknik khusus sinden, karena sinden memiliki suara dan nada yang berbeda. Kompleksitasnya memberikan warna yang khusus dan khas.”

Natalia menuturkan, kerja kerasnya dalam mempelajari sinden mendapatkan sambutan yang baik dari masyarakat di Argentina. Sadar jika seni gamelan merupakan hal yang baru di Argentina, Ia pun berusaha keras untuk bisa menyampaikan budaya Indonesia tersebut dengan sempurna ke para penontonnya.

Bagi Natalia, selain menyanyikannya dengan seperti seharusnya, salah satu yang terpenting dalam menyinden adalah benar-benar mengerti arti dan inti dari lirik yang dinyanyikan, sehingga penonton juga mampu menginterpretasikan apa yang disampaikan, dengan baik.

the authorFeby Ferdian

Tinggalkan Balasan