Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Configuration error or no pictures...

SKILLS.ID

Subscribe to Our Channel

Sabtu, Februari 4, 2023
redaksi@topcareer.id
Tips Karier

Apa yang Harus Dilakukan Saat Lupa Nama Teman Kantor?

Work. Dok/northeastern.eduWork. Dok/northeastern.edu

Topcareer.id – Mungkin di antara kita sering mengalami hal ini: Saat berjalan ke kantor, seorang kenalan lantas dengan riang menyapamu dengan namamu, lalu kamu berhenti sejenak, dan dengan panik mencari nama orang itu di otakmu.

Kamu tentu ingin menghormati mereka dengan tidak menyebut nama yang salah, tetapi hanya mengatakan “hei” tampaknya sangat umum. Inilah cara para ahli mengatasi teka-teki itu secara strategis dan tetap menjaga hubunganmu tetap utuh.

1. Kamu dapat mempertimbangkan pendekatan halus terlebih dahulu

Mary Abbajay, presiden konsultan pengembangan kepemimpinan Careerstone Group merekomendasikan, jika kamu berada di suatu acara dan melihat seseorang yang kamu kenal tetapi kamu tidak dapat mengingat namanya, perkenalkan dirimu terlebih dahulu, karena hal itu sering kali mendorong orang tersebut untuk menyebutkan namanya juga.

“Itu adalah tanda bagimu untuk menyebut namamu kembali. Tapi, banyak orang akan mengenali bahwa itu berarti kamu tidak tahu nama mereka,” katanya, mengutip laman HuffPost.

Salah satu pendekatan tidak langsung lainnya adalah dengan diam-diam meminta orang lain untuk memberi tahumu nama orang tersebut, tambah Abbajay.

2. Lebih baik lagi, tanyakan langsung kepada mereka dan minta maaf

“Saya pikir orang terlalu lama berpura-pura, dan kemudian mereka bertemu orang itu tiga atau empat kali, dan kemudian mereka terlalu malu untuk menanyakan nama mereka. Yang terbaik adalah segera menghentikannya. Kali kedua kamu bertemu mereka, katakan, ‘Ingatkan saya namamu lagi. Terima kasih banyak.'” Kata Abbajay.

Baca juga: Mau Ngelamar Kerja? Ingat Jangan Percaya 5 Mitos Ini

Tapi, jangan remehkan tindakanmu dan berkata, “Oh, saya selalu melakukan ini.” Namun, menurut Abbajay, jika ini adalah ketiga atau keempat kalinya kamu menanyakan nama mereka, itu layak mendapat ‘mea culpa’ (pengakuan atas kesalahan) yang lebih besar.

Nama orang penting bagi mereka, dan kamu perlu melakukan permintaan maaf yang tulus. Tapi ia juga mengingatkan untuk tidak meminta maaf secara berlebihan seperti ada yang salah denganmu.

3. Tuliskan nama jika memungkinkan dan coba sebutkan nama seseorang saat kamu pertama kali bertemu dengannya

Lawrese Brown, pendiri Pelatihan C-Track mengatakan bahwa menuliskan nama seseorang adalah yang terbaik untuknya sejauh mengingat mereka. Penelitian telah menunjukkan bahwa menulis sesuatu membantu otak kita benar-benar mempertahankan apa yang dikatakan.

Jika kamu tidak memiliki pena atau kertas, coba gunakan suaramu. Berikut tip pro: Gunakan nama seseorang dalam menit pertama bertemu seseorang.

Abbajay mengatakan bahwa dalam pertemuan yang dia fasilitasi, dia akan meminta orang untuk memperkenalkan diri meskipun beberapa orang sudah saling mengenal sebagai cara untuk membantunya mengingat nama. Ketika orang memperkenalkan diri, dia membuat diagram di mana mereka duduk dan siapa nama mereka.

“Dengan begitu, saat saya sedang rapat, saya bisa mulai menggunakan nama orang. Jika kamu menggunakan nama seseorang dengan cepat saat bertemu dengannya, kemungkinan besar kamu akan mengingat nama mereka,” katanya.

Tinggalkan Balasan