Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Configuration error or no pictures...

SKILLS.ID

Subscribe to Our Channel

Rabu, Februari 1, 2023
redaksi@topcareer.id
Tren

Mirip TikTok, Youtube Shorts Punya 1,5 Miliar Pengguna Tiap Bulan

Sumber foto: alamy.comSumber foto: alamy.com

Topcareer.id – YouTube pada hari Rabu (15/6/2022) mengatakan bahwa lebih dari 1,5 miliar orang setiap bulan mendengarkan layanan video Shorts-nya, yang bersaing dengan aplikasi global TikTok.

YouTube milik Alphabet dan Meta, induk Facebook, keduanya menambahkan format berbagi video bentuk pendek ke layanan mereka setelah TikTok – yang akhir tahun lalu dikatakan mencapai satu miliar pengguna – menjadi populer.

YouTube Shorts ditayangkan kurang dari dua tahun yang lalu, menambahkan video tidak lebih dari 60 detik ke berbagai penawaran di platform.

“Shorts benar-benar laris dan sekarang ditonton oleh lebih dari 1,5 miliar pengguna yang masuk setiap bulan,” kata kepala produk YouTube Neal Mohan, dikutip dari laman AFP.

“Kami tahu produk ini akan terus menjadi bagian integral dari pengalaman YouTube di masa mendatang.”

YouTube tahun lalu meluncurkan dana USD100 juta untuk “menghargai pembuat konten” yang klip videonya menarik penonton ke panggung online.

Baca juga: Wah! IOS 16 Apple Bisa Lihat Password WiFi, Begini Caranya

YouTube juga telah menggunakan keterampilan periklanan raksasa teknologi Silicon Valley untuk membantu pembuat konten menghasilkan pendapatan dari konten di platform, yang menghasilkan pendapatan miliaran dolar pada tahun 2021.

Pembuat konten memanfaatkan podcasting, film pendek, dan streaming langsung di YouTube dalam “pendekatan multi-platform”, kata wakil presiden Americas Tara Walpert Levy.

“Pendekatan ini memberikan hasil yang nyata; saluran yang mengunggah konten berdurasi pendek dan panjang memiliki waktu tonton dan pertumbuhan pelanggan yang lebih baik secara keseluruhan daripada saluran yang hanya mengunggah satu format,” kata Levy.

Dia menyebut YouTube sebagai toko serba ada bagi orang-orang untuk “melenturkan otot kreatif mereka.”

TikTok, yang dimiliki oleh ByteDance yang berbasis di China, awal tahun ini mulai memungkinkan pengguna mengunggah video yang sedikit lebih panjang, meningkatkan durasi maksimum menjadi 10 menit dari 3 menit.

YouTube, Meta, dan TikTok bersaing untuk menjadi platform pilihan dari tokoh online populer dengan fitur-fitur yang menghasilkan pendapatan seperti langganan atau pembagian pendapatan iklan.

Tinggalkan Balasan