Topcareer.id – Salah satu tantangan paling menarik dalam karier profesional adalah memulai pekerjaan baru.
Akan tetapi hal ini juga bisa menjadi waktu yang sangat menegangkan dan menuntut banyak hal dalam transisinya.
Mungkin kamu jadi mudah merasa kewalahan, tetapi jangan biarkan hal itu mempengaruhi kinerjamu.
Berikut ini lima langkah mudah untuk memastikan transisi kamu ke peran baru berjalan semulus mungkin:
Antisipasi tantangan
Beberapa minggu pertama pekerjaan baru selalu sulit, dan bahkan profesional berpengalaman pun mengakui bahwa memulai dari awal itu sulit.
Tetapi jika kamu mengantisipasi tantangan di depan, transisi ke organisasi baru bisa jauh lebih lancar.
Media sosial profesional sering kali dapat menjadi alat yang berguna untuk mengantisipasi dan mempersiapkan tantangan umum saat pindah kerja.
Minta saran dari mentor
Mintalah seorang mantan rekan kerja untuk membimbingmu dalam masa transisi pindah karier.
Ini adalah cara terbaik untuk belajar dari rekan yang berpengalaman, dan juga akan memperkuat hubungan kerja profesional dengan kontak yang baik pada saat yang bersamaan.
Bersiaplah untuk beradaptasi
Pekerjaan baru berarti lingkungan baru. Semuanya akan berbeda saat kamu pertama kali memulai peran kamu di tempat baru.
Untuk membantu, mintalah manajer kantor atau manajer lini agar memberi denah lantai dan daftar kontak utama di minggu pertama kamu bekerja.
Baca juga: Ini Peran Pekerjaan Paling Dicari di Singapura, Indonesia, dan Vietnam
Jangan takut untuk belajar
Tidak diragukan lagi kamu akan tertarik untuk mengesankan dan menunjukkan bahwa kamu adalah aset yang cerdas, kompeten, dan berbakat bagi perusahaan.
Tapi ingat, jangan biarkan hal ini menghalangi pembelajaran kamu.
Beberapa bulan pertama adalah waktu untuk mendengarkan dan belajar agar kamu bisa menjalankan peran baru secara efektif.
Have fun
Akhirnya, bersenang-senanglah. Ingat kamu sudah mengambil kesempatan baru karena menginginkan perubahan.
Terimalah semua yang dilemparkan kepada kamu, pasang senyum dan cobalah dan buat kesan terbaik.