Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Configuration error or no pictures...

SKILLS.ID

Subscribe to Our Channel

Selasa, Agustus 9, 2022
redaksi@topcareer.id
Tren

Ini Kota yang Paling Layak Huni di Dunia

Wina. (source: Tripadvisor)Wina. (source: Tripadvisor)

Topcareer.id – Menurut laporan Economist Intelligence Unit (EIU), Wina kembali menjadi kota paling layak huni di dunia, setelah mengambil alih dari Auckland selama dua tahun terakhir.

Wina menempati peringkat pertama pada 2018 dan 2019, tetapi disusul oleh Auckland, Selandia Baru, selama pandemi dan merosot ke posisi 12 pada 2021, menurut Global Liveability Index 2022 dari EIU.

EIU mengatakan bahwa posisi Auckland pada indeks turun ke posisi ke-34 tahun ini karena tingkat infeksi Covid-19 yang lebih tinggi dan kontrol perbatasan yang ketat pada tahun 2021.

Meskipun penguncian berakhir di Selandia Baru pada bulan Desember, kota-kota yang divaksinasi dengan baik di Eropa dan Kanada telah mulai melonggarkan pembatasan sebelumnya.

Namun, kecil kemungkinan Auckland akan meraih posisi teratas dalam peringkat tahun ini bahkan tanpa pandemi, menurut EIU.

“Kota-kota lain yang jatuh adalah alasan mengapa Auckland menjadi yang teratas terakhir kali. Tanpa Covid, kemungkinan akan menjadi 10 besar, tetapi bukan nomor satu,” kata Simon Baptist, Kepala ekonom global di firma riset dan penasihat EIU, dikutip dari laman CNBC Make It.

Baca juga: Jaga Etika, Ini Beberapa Destinasi Wisata Sakral Di Indonesia (Bagian 1)

Lima kota Eropa lainnya — Kopenhagen, Zurich, Jenewa, Frankfurt, dan Amsterdam — juga masuk sepuluh besar. Calgary dan Vancouver dari Kanada masing-masing menempati posisi ketiga dan kelima.

Osaka Jepang dan Melbourne Australia berbagi tempat ke-10 – hanya dua kota “Asia” yang berhasil mencapai 10 besar.
172 kota yang masuk dalam pemeringkatan dinilai berdasarkan kategori berikut: stabilitas, perawatan kesehatan, budaya dan lingkungan, pendidikan dan infrastruktur.

Berikut adalah kota-kota paling layak huni di dunia dan skornya, menurut The Global Liveability Index 2022:

1. Wina, Austria (99.1)
2. Kopenhagen, Denmark (98.0)
3. TIE — Zurich, Swiss (96,3)
3. TIE — Calgary, Kanada (96,3)
5. Vancouver, Kanada (96.1)
6. Jenewa, Swiss (95,9)
7. Frankfurt, Jerman (95,7)
7. Toronto, Kanada (95.4)
9. Amsterdam, Belanda (95,3)
10. TIE — Osaka, Jepang (95.1)
10. TIE — Melbourne, Australia (95.1)

Tinggalkan Balasan