Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Configuration error or no pictures...

SKILLS.ID

Subscribe to Our Channel

Selasa, Agustus 9, 2022
redaksi@topcareer.id
Tips Karier

Bikin Atasan Terkesan, Lakukan 3 Hal Ini di Bulan Pertama Kerja

Ilustrasi. Sumber foto: unitedconcordia.comIlustrasi. Sumber foto: unitedconcordia.com

Topcareer.id – Ketika memulai pekerjaan baru, banyak tekanan untuk membuat kesan yang baik dengan atasan dan rekan kerja. Kabar baiknya adalah, ada beberapa langkah kecil yang dapat kamu ambil untuk bisa menonjol di antara karyawan.

“Waktu yang tepat untuk melakukan ini adalah dalam tiga bulan pertama pekerjaan, yang dilihat manajer sebagai periode ‘berhasil atau hancur’ untuk karyawan baru,” kata Nickle LaMoreaux, chief human resource officer IBM, dikutip dari laman CNBC Make It.

LaMoreaux berbagi tiga tips untuk menjadi sukses di hari pertamamu, selama minggu pertama dan di bulan-bulan mendatang.

1. Jangan pernah makan siang sendirian

Berjejaring dan berbagi dengan orang-orang di tim dan departemen dalam perusahaan, adalah cara tercepat untuk belajar tentang politik kantor, budaya tempat kerja, dan seperti apa masa depan perusahaan.

LaMoreaux merekomendasikan mengundang rekan kerja yang berbeda untuk bergabung denganmu untuk makan siang setiap minggu, baik secara langsung atau virtual. Ajukan pertanyaan tentang jalur karier mereka, saran yang akan mereka berikan untuk karyawan baru, dan proyek yang sedang mereka kerjakan.

“Percakapan ini memberimu kesempatan untuk mengenal kolega secara pribadi dan mengajukan pertanyaan tentang hal-hal lain yang terjadi di organisasi yang membuatmu penasaran,” kata dia.

Baca juga: 9 Tips Negosiasi Gaji Untuk Fresh Graduate (Bagian 1)

2. Mintalah umpan balik

LaMoreaux mengatakan, mitos bahwa meminta bantuan adalah tanda ketidakmampuan atau kelemahan. Sebaliknya, dia percaya itu menunjukkan kemauan untuk belajar dan menyelesaikan pekerjaan dengan benar.

“Lebih banyak perusahaan bergerak menuju budaya di mana umpan balik dihargai dan didukung. Dalam beberapa kasus, bahkan diharapkan karyawan bertukar umpan balik secara teratur,” kata dia.

Dalam bulan pertama, terbukalah untuk membagikan draf pertamamu tentang tugas penting atau email yang tidak 100% kamu yakini. Sharing dengan manajer atau kolegamu dan mintalah pendapat mereka.

3. Jangan takut untuk membagikan ide

Sulit bagi banyak orang untuk angkat bicara selama rapat, terutama jika mereka baru. Ini adalah salah satu tantangan terbesar yang LaMoreaux bantu.

“Tapi ingat, kamu mungkin orang yang paling tidak berpengalaman dalam tim, tapi itu juga kekuatan super kamu bahwa kamu bisa membawa energi baru dan perspektif baru dalam bisnis ini,” katanya.

Jangan menghindar dari mengangkat tangan selama brainstorm tim berikutnya. Atau, jika peluang hilang darimu, kirim email tindak lanjut ke manajer yang menguraikan idemu.

Tinggalkan Balasan