Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Configuration error or no pictures...

SKILLS.ID

Subscribe to Our Channel

Sabtu, Desember 3, 2022
redaksi@topcareer.id
Tips Karier

Penelitian Ungkap, Jangan Lakukan Hal Ini Biar Direkrut Kerja (Bagian 2)

Credit scoring calon karyawan bisa jadi hal umum untuk proses perekrutan.

Topcareer.id – Ketika akhirnya kamu dapat undangan wawancara kerja, kamu harus bekerja keras agar semua persiapan berjalan lancar. Tapi, dengan semua persiapan yang matang ditambah pengalamanmu, kamu bisa saja menemui satu kesalahan yang membuat perekrut memilih orang lain untuk posisi itu.

Penting untuk mengetahui kesalahan apa yang berpotensi terjadi sehingga kamu dapat menghindarinya. Berikut adalah beberapa kesalahan wawancara umum, yang didukung oleh sains, yang dapat membuatmu kehilangan pekerjaan impianmu, melansir laman Entrepreneur.

4. Melakukan wawancara tanpa persiapan

Studi telah menemukan bahwa karyawan yang bersemangat tentang perusahaan/atasan mereka dan pekerjaan yang mereka lakukan lebih bahagia dan lebih produktif. Namun, banyak pencari kerja yang akhirnya memilih perusahaan yang tidak banyak mereka ketahui.

Sebelum kamu melamar lowongan apa pun, luangkan waktu untuk meneliti perusahaan dan tentukan apakah kamu bisa bersemangat tentang hal itu. Kamu dapat menggunakan Glassdoor untuk mempelajari seperti apa mereka sebagai pemberi kerja, tetapi kamu juga dapat meneliti produk dan penjangkauan komunitas mereka untuk melihat apakah kamu memiliki nilai inti yang sama.

Setelah kamu melakukan wawancara, lakukan penelitian ekstensif ke perusahaan sehingga kamu dapat menjawab pertanyaan dengan penuh pengetahuan.

Baca juga: Cara Menulis Email Lamaran Kerja Yang Efektif (Bagian 1)

5. Terima gaji rendah pertama yang ditawarkan

Hal ini dapat menggoda, terutama jika kamu sudah keluar dari pekerjaan untuk sementara waktu, untuk menerima tawaran bayaran di bawah kisaran. Dengan melakukan ini, kamu mungkin menipu diri sendiri dari jutaan rupiah setiap tahun selama kariermu.

Penelitian menunjukkan bahwa pemberi kerja merespons lebih baik selama negosiasi gaji terhadap tawaran balasan yang tepat. Kamu tidak hanya lebih mungkin mendapatkan lebih banyak uang, tetapi majikanmu mungkin lebih menghormatimu dalam meminta apa yang kamu inginkan dan mendapatkannya.

6. Tidak melakukan apapun setelah wawancara

Setelah wawancara, banyak kandidat memilih untuk duduk dan menunggu telepon berdering, namun tindak lanjut merupakan bagian penting dari mendapatkan pekerjaan. Email tambahan itu bisa membuat semua perbedaan.

Penelitian menemukan bahwa jika kamu akan mendapatkan tanggapan atas email tindak lanjutmu, itu akan terjadi dalam waktu 24 hingga 48 jam setelah mengirimkannya. Namun, jika kamu tidak mendengar balasan, itu masih belum waktunya untuk beristirahat.

Kamu memiliki peluang 21 persen untuk mendapatkan balasan pada email kedua dan peluang 25 persen untuk mendapatkan balasan jika kamu terus menindaklanjuti.

Tinggalkan Balasan