Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Configuration error or no pictures...

SKILLS.ID

Subscribe to Our Channel

Wednesday, April 24, 2024
redaksi@topcareer.id
Tips Karier

Cara Menulis Email Lamaran Kerja yang Efektif (Bagian 1)

Hapus file pribadi ketika ingin resign kerja.Dok. Cortex

Topcareer.id – Email lamaran kerja pada dasarnya adalah surat lamaran yang diformat untuk email. Tujuan email ini adalah untuk membuktikan bahwa kamu cocok untuk suatu peran.

Tunjukkan bahwa kamu memiliki pengalaman, bakat, dan keterampilan untuk memberikan value bagi perusahaan.

Panjang email ini kira-kira satu halaman dokumen Word. Karena terbatas, sertakan saja detail yang secara langsung berkaitan dengan peran yang kamu lamar.

Sertakan tujuan kamu menulis email, peran yang kamu lamar, mengapa tertarik dengan peran itu, apa yang membuatmu layak, value yang bisa kamu tambahkan ke perusahaan, dan informasi kontak kamu.

Cara menulis email lamaran kerja
Ikuti langkah-langkah berikut ini untuk menulis email lamaran kerja yang lebih efektif.

Bagian pertama dari artikel:

Mulailah dengan baris subjek atau judul email yang jelas
Banyak lamaran pekerjaan menyertakan petunjuk untuk baris subjek kamu di email.

Manajer perekrutan menerima banyak email setiap hari, jadi menyertakan baris subjek yang jelas akan memastikan bahwa mereka membuka lamaran pekerjaan untuk kamu.

Sertakan salam resmi
Cobalah untuk mencari tahu siapa yang akan menerima email kamu, dan alamatkan kepada mereka.

Kamu bisa melakukannya dengan membaca lamaran pekerjaan dengan cermat, melihat situs web perusahaan, atau bahkan menghubungi perusahaan secara langsung.

Jika tidak dapat menemukan informasi ini di mana pun, kamu bisa mengirimkan email ke Manajer Perekrutan.

Kamu juga bisa menggunakan, To Whom It May Concern, meskipun ini mungkin tampak agak kuno.

Jelaskan tujuanmu mengirim email
Gunakan paragraf pertama email untuk menjelaskan mengapa menulis email ini.

Pastikan untuk menyebutkan judul pekerjaan yang tepat yang kamu lamar. Kamu juga bisa menyebutkan di mana kamu melihat posting lowongan pekerjaan dan mengapa tertarik untuk melamar.

Ini adalah kesempatan kamu untuk menarik minat manajer perekrutan, jadi cobalah tampil profesional dan menarik.

Baca juga: Jangan Abaikan Email Penolakan Kerja, Lakukan 3 Langkah Ini

Buktikan kamu cocok
Paragraf tengah kamu harus mencakup mengapa kamu cocok untuk perusahaan mereka.

Bagikan keterampilan atau pengalaman khusus apa pun yang membuatmu memenuhi syarat untuk pekerjaan itu.

Diskusikan pencapaian atau prestasi apa pun yang telah kamu buat dalam perjalanan karier.

Kamu juga bisa menjelaskan tugas pekerjaan baru-baru ini yang kamu miliki yang akan kamu aplikasikan ke dalam peran baru.**(Feb)

the authorRino Prasetyo

Leave a Reply