Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Configuration error or no pictures...

SKILLS.ID

Subscribe to Our Channel

Thursday, April 25, 2024
redaksi@topcareer.id
Tren

Gaji Belum Cair? Begini Cara Tanya yang Sesuai Prosedur

Kerja saat masa libur.Stres at work. Dok/helpguide.org

Topcareer.id – Dalam bekerja, salah satu yang membuat kesal adalah gaji yang tak kunjung datang, apalagi jika kamu memiliki kebutuhan segudang yang tak bisa menanti lagi untuk diselesaikan.

Penyebab terlambatnya pencairan gaji sejauh ini cukup beragam. namun kamu tak akan benar-benar mengetahuinya sampai kamu memberanikan dirimu untuk bertanya.

Pertanyaannya, sopankah untuk bertanya ke perusahaan perihal gaji? Hmm, selain itu sudah menjadi hak kamu, menanyakan gaji juga diperbolehkan asalkan sudah sesuai prosedur dan etika.

Mengutip dari laman Justika, berikut langkah-langkah yang bisa kamu coba untuk menanyakan gaji kamu, agar semua kebutuhanmu bisa lekas tercukupi.

Mencari tahu ke rekan kerja
Sebelum bertanya lebih jauh, ada baiknya bagi kamu untuk menanyakan gaji ke rekan kerjamu dulu. Selain memastikan apakah ia juga sudah menerima gaji atau belum, bisa jadi rekan kerja kamu juga memiliki informasi yang cukup mengenai alasan gaji belum turun, dan kapan akan cair.

Menanyakan ke bagian yang berwenang
Jika rekan kerjamu belum bisa memberikan jawaban yang memuaskan, kamu bisa mencoba untuk menanyakan ke pihak HRD atau bagian keuangan. Ini adalah langkah yang efektif untuk mendapatkan informasi dan kepastian, tanpa harus ke atasan.

Saat bertanya, kamu juga bisa mengungkapkan mengapa kamu membutuhkan gajimu tepat waktu. Seperti untuk kebutuhan mendesak, bayar cicilan, dsb. Ini akan membantu kamu untuk mendapatkan gaji tepat waktu di bulan-bulan berikutnya.

Baca juga: Laporan: 68% Responden Pekerja Indonesia Rela Tolak Naik Gaji Demi Hal Ini

Lalu, bagaimana jika gaji belum juga cair?

Setelah kamu mendapatkan alasan mengapa gaji kamu belum juga cair, langkah berikutnya yang bisa kamu lakukan adalah menunggu. Dalam beberapa kasus, terjadinya keterlambatan dalam pencairan gaji kadang disebabkan oleh rekap keuangan yang belum selesai, atau sistem payroll yang sedang bermasalah.

Jika perusahaan sedang mengalami masalah keuangan, kamu juga bisa melakukan negosiasi untuk memenuhi kebutuhan mendesak kamu, seperti meminta sebagian gaji untuk dicairkan terlebih dahulu, atau kesepakatan lain yang bisa menjadi win-win solution untuk kondisi kamu dan pihak perusahaan.

Nah, bagaimana, jangan menunda-nunda lagi ya untuk segera bertanya. Semoga gaji kamu bisa lekas cair.

the authorFeby Ferdian

Leave a Reply