Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Configuration error or no pictures...

SKILLS.ID

Subscribe to Our Channel

Tuesday, April 16, 2024
redaksi@topcareer.id
Tips Karier

Tips Hindari Ngantuk di Kantor Tanpa Ngopi (Bagian 1)

Work. Waktu-waktu rentan pekerja lakukan kesalahan.Waktu-waktu rentan pekerja lakukan kesalahan. (Dok/claromentis.com)

Topcareer.id – Kopi mungkin menjadi standar di tempat kerja untuk menghindari ngantuk, tetapi kopi memiliki konsekuensi seperti meningkatkan detak jantung, tekanan darah, bahkan bisa meningkatkan stres.

Kafein membuat lebih sulit untuk tertidur di malam hari, sementara ini merupakan hal terakhir yang sangat kamu setiap hari.

Banyak sekali para pekerja profesional tidak cukup tidur akibat terlalu banyak ngopi demi menahan kantuk di kantor.

Jadi, bagaimana cara supaya kamu tetap terjaga tanpa secangkir kopi di tempat kerja?

Berikut ini beberapa tips agar tidak mudah ngantuk di kantor tanpa harus ngopi.

Bagian pertama dari artikel:

Berolahraga
Tiga puluh detik olahraga bisa memompa darah dan memberimu dorongan mental yang sama seperti espresso, karena hubungan antara aktivitas aerobik dan kognisi.

Sebuah penelitian juga menemukan bahwa sarapan dan berolahraga meningkatkan suasana hati dan kewaspadaan mental di kemudian hari.

Olahraga pagi juga bisa menghilangkan kelesuan pasca-sarapan.

Jaga suhu tubuh tetap sejuk
Suhu ruangan kantor rata-rata sekitar 21 ° C, tetapi menurunkannya hanya beberapa derajat dapat membuat pekerja tetap terjaga.

Udara yang lebih sejuk telah terbukti untuk meningkatkan kadar enzim yang berhubungan dengan kewaspadaan mental yang lebih tinggi dan membuat pekerja sedikit tidak nyaman sehingga membuat mereka tidak mengantuk.

Ketika suhu ruangan lebih hangat, orang bisa merasa lebih mudah marah, kurang termotivasi dan menunjukkan penurunan kinerja.

Nyalakan lampu
Sebuah penelitian terhadap mahasiswa yang mengambil kelas malam menemukan bahwa paparan cahaya terang meningkatkan kewaspadaan dan mengurangi kantuk.

Tergantung pada waktunya, efeknya terlihat setelah sekitar 30 menit hingga satu jam.

Studi lain menemukan bahwa pencahayaan LED lebih baik daripada lampu neon untuk mengatasi kelelahan.

Cahaya lampu yang terang mengarah pada penglihatan yang lebih jelas, waktu respons lebih cepat serta peningkatan memori.

Coba lampu dengan cahaya dasar biru
Sebuah studi menemukan bahwa dosis satu jam cahaya biru dari LED memiliki efek yang mirip dengan 240mg kafein (kira-kira setara dengan espresso kopi Starbucks).

Hal ini memberi efek pada kemampuan pengambilan keputusan dan waktu reaksi orang yang terpapar.

Peserta yang terpapar cahaya biru merespons tes lebih akurat dan lebih baik dalam menangani gangguan daripada kelompok yang hanya ngopi.

Baca juga: Ngantuk Setelah Makan Banyak? Ini Alasannya

Nikmati pemandangan
Cahaya matahari alami bisa meningkatkan produktivitas pekerja dan membantu tidur lebih nyenyak saat malam.

Karyawan yang tidak menyempatkan diri melihat pemandangan di luar kantor melaporkan tidur tidak nyenyak dan penurunan fungsi di siang hari.**(Feb)

the authorRino Prasetyo

Leave a Reply