Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Configuration error or no pictures...

SKILLS.ID

Subscribe to Our Channel

Saturday, April 27, 2024
redaksi@topcareer.id
Tren

Cara Mudah Jual Makanan di ShopeeFood, GrabFood, dan GoFood, Buruan Cek!

Food Stylist. Dok/MidspotFood Stylist. Dok/Midspot

Topcareer.Id – Apakah kamu termasuk orang yang suka pesan makanan melalui jasa ShopeeFood, GrabFood, dan sejenisnya? Pernah enggak sih kepikiran untuk memanfaatkan keberadaan layanan tersebut, untuk menjual makanan yang sekiranya bisa menarik minat orang banyak.

Kabar baiknya, kamu tidak perlu harus punya warung ataupun restoran lho untuk melakukannya. Modalnya pun tak perlu besar-besar, dan kamu bisa melakukannya dari dapur di rumahmu sendiri.

Ya, meski foto makanan yang kita lihat di layanan di atas enak-enak, ternyata enggak semuanya lho datang dari restoran ternama. Beberapa justru berasal dari rumah-rumah biasa, yang istilah kerennya, “ghost kitchen.”

Nah, tertarik untuk terjun ke bisnis ini? berikut langkah-langkah awal untuk melakukannya:

Tetapkan nama resto dan menu yang akan ditawarkan
Sebelum mendaftar, pastikan dulu kamu sudah memiliki nama resto, serta menu-menu yang bakal jadi andalan kamu. Jika modal yang kamu miliki terbatas, jangan langsung mulai dengan stok yang melimpah. Coba saja dulu dengan stok sedikit. Sehingga misal tidak habis, kamu bisa menjadikannya sebagai menu untuk makan malam.

Baca juga: 5 Makanan yang Sebaiknya Dihindari di Usia 40

Meletakkan penanda dan menyiapkan fotofoto makanan
Setelah kedua poin di atas sudah terpenuhi, langkah selanjutnya adalah meletakkan penanda di rumah kita. Kamu bisa memasang spanduk atau tulisan yang memberi tahu orang-orang, atau tepatnya para driver ojek online, bahwa tempat itu adalah lokasi berjualan.

Kamu juga bisa menata beberapa kursi, alat masak, untuk membuat tempat berjualan kamu lebih meyakinkan. Jika sudah selesai, fotolah kesemuanya dan siapkan sebagai syarat pendaftaran.

Nantinya, setelah mendaftar akan ada driver aplikator yang datang ke rumah kamu untuk memverifikasi.

Tak hanya penanda, kamu juga perlu menyiapkan foto-foto dari makanan dan minuman yang akan kamu jual. Buatlah semenarik mungkin agar pengguna layanan tertarik untuk membeli makanan kamu. Ingat pakai foto sendiri ya, jangan nyomot dari internet.

Mulai mendaftar
Sebagai syarat pendaftaran, siapkan KTP, alamat email, dan nomor HP yang bisa dihubungi. Setelah itu, lakukan pendaftaran ke aplikasi yang kamu tuju, yang masing-masing memiliki caranya sendiri.

Sebagai contoh, kamu bisa daftar GrabFood melalui website resmi mereka, ShopeeFood melalui aplikasi Shopee Partner, dan GoFood melalui situs GoBiz. Ikuti petunjuk dan persyaratan diminta, agar pendaftaran kamu bisa lancar.

Bagaimana, mudah bukan? Selamat berbisnis makanan ya, semoga sukses.

the authorFeby Ferdian

Leave a Reply