Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Configuration error or no pictures...

SKILLS.ID

Subscribe to Our Channel

Thursday, May 30, 2024
redaksi@topcareer.id
ProfesionalTren

Laporan: Niat Karyawan Bertahan di Perusahaan Makin Menurun

Topcareer.id – Kincentric, konsultan SDM, menerbitkan laporan berskala luas tentang tren employee engagement selama tiga tahun terakhir. Laporan ini disusun berdasarkan masukan dari 12 juta tenaga kerja di lebih dari 125 negara.

“2022 Kincentric Report on Global Trends in Engagement” mengungkap, meski tingkat employee engagement relatif stabil secara tahunan, namun angkanya sangat bervariasi secara triwulanan.

Tren ini mencerminkan imbas dari kejadian penting di dunia yang berdampak signifikan terhadap karyawan di seluruh dunia.

Laporan ini menunjukkan, tingkat employee engagement mencapai puncaknya, yakni sebesar 73%, pada Triwulan II-2020 sebelum turun menjadi 67% pada Triwulan IV-2020. Setelah terjaga pada rentang 65%-69% pada 2021, tingkat employee engagement anjlok menjadi 62% pada Triwulan I-2022.

Bahkan, niat karyawan semakin menurun untuk bertahan di perusahaan yang menjadi tempat berkariernya saat ini.

Hal tersebut mencerminkan, pergantian karyawan (turnover) kemungkinan masih menjadi tantangan yang terus terjadi—dan, manajer level menengah semakin mendapat tekanan, khususnya dari sisi keseimbangan karier-kehidupan pribadi (work-life balance) yang angkanya menurun 10 poin dari 2019.

“Beberapa tahun terakhir mendatangkan disrupsi yang jumlahnya luar biasa, mulai dari pandemi yang masih berlangsung hingga aksi kerusuhan sosial yang berskala global,” kata Jeff Jolton, Managing Director, Research and Insights, Kincentric, dalam siaran pers, dikutip Rabu (20/7/2022).

Baca juga: 7 Perusahaan Teknologi Dunia Yang Melakukan PHK Massal

“Maka, kami pun menyaksikan perubahan tren dalam hal metode, waktu, dan lokasi kerja yang diinginkan karyawan. Laporan ini memaparkan perubahan spesifik yang terjadi secara seketika pada skala global,” ujarnya.

Ia menambahkan, meski sejumlah indikator menunjukkan penurunan tingkat employee engagement pada data yang diperoleh, Kincentric juga menemukan potensi besar bagi perusahaan untuk membangun sistem, struktur, dan proses kerja yang mengutamakan karyawan, serta memenuhi lingkungan kerja yang telah bertransformasi.

“Sederet tantangan ini menghadirkan era yang mendatangkan peluang bagi manajemen perusahaan dan eksekutif SDM, khususnya di tengah tantangan drastis dalam hal bekerja yang berdampak terhadap kinerja perusahaan,” papar Jolton.

Sejumlah temuan penting lainnya dari riset global ini termasuk:

Kekhawatiran tentang kurangnya dukungan: Hanya 50% karyawan yang merasa perusahaannya memiliki jumlah tenaga kerja yang memadai untuk menuntaskan pekerjaan.

Visi menarik tentang masa depan menjadi aspek penentu: Karyawan memiliki keterikatan (engagement) yang delapan kali lebih besar ketika eksekutif senior membuat mereka tertarik akan masa depan.

Karyawan ingin mengetahui posisi mereka dalam masa depan perusahaan: Saat menghadapi lingkungan yang tengah berubah, karyawan ingin memahami posisi mereka dalam masa depan perusahaan. Namun, hanya 59% karyawan merasa diapresiasi atas pekerjaannya, dan hanya 54% karyawan yang optimis bahwa mereka memiliki prospek karier di perusahannya.

Leave a Reply