Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Configuration error or no pictures...

SKILLS.ID

Subscribe to Our Channel

Wednesday, February 28, 2024
redaksi@topcareer.id
Tips Karier

Cara Instan dan Sederhana untuk Mengesankan Perekrut

Dok. Ambition.uk

Topcareer.id – Kepala Sumber Daya Manusia (SDM) di IBM, Nickle LaMoreaux yang telah membantu merekrut ribuan kandidat pekerjaan selama lebih dari 20 tahun membeberkan salah satu cerita sukses kandidat kerja yang mampu mengesankan dirinya dengan cara yang instan dan sederhana.

Meskipun tidak ada wawancara yang sempurna, Nickle mengingat satu pelamar yang cukup menarik – dan itu berkat tindakan sederhana seperti mengirim email tindak lanjut yang bijaksana dengan bukti pekerjaan terbaru mereka.

Seperti yang diingat LaMoreaux, dia mewawancarai kandidat tepat sebelum IBM merilis laporan pendapatan tahunannya. Sementara kandidat “mengartikulasikan” dan “well-prepared” untuk pertemuan mereka, komite perekrutan masih mempertimbangkan beberapa pelamar dalam pencarian mereka.

Tetapi beberapa jam setelah laporan IBM dipublikasikan, kandidat mengirim email yang mengubah permainan perekrutan.

“Mereka mengirimi saya catatan yang menguraikan empat hal utama yang mereka ambil tentang IBM dari laporan (pendapatan tahunan) tersebut, dari sudut pandang orang luar, lalu mengaitkan dengan pengalaman masa lalu mereka dan menanyakan tentang berbagai teknologi yang kami produksi saat itu,” kata Nickle dikutip dalam laman CNBC Make It. “Saya langsung terkesan.”

Kandidat lantas mendapat pekerjaan.

Baca juga: Tips Hindari Ngantuk Di Kantor Tanpa Ngopi (Bagian 1)

Meskipun kamu mungkin tidak perlu belajar membaca laporan penghasilan untuk mendapatkan pekerjaan, LaMoreaux mengatakan semua pelamar dapat meningkatkan peluang mereka untuk dipekerjakan dengan bersikap proaktif dan mengirimkan contoh pekerjaan mereka kepada manajer perekrutan setelah wawancara.

Ini bahkan lebih berdampak ketika kamu dapat menghubungkan sampel pekerjaanmu ke proyek yang sedang dikerjakan perusahaan, atau tujuan tertentu yang disebutkan oleh manajer perekrutan.

“Tidak ada yang seperti melihat karya nyata, apakah itu presentasi terperinci yang kamu buat untuk rapat atau tautan ke portofolio onlinemu,” katanya. “Ini adalah bukti substansial yang dapat membantu membuktikan bahwa kamu paling cocok untuk pekerjaan itu.”

Cara lain untuk membuat kesan pertama yang kuat selama wawancara: Tanyakan bagaimana perusahaan bertujuan untuk memenuhi kepercayaannya dan bagaimana manajer bekerja untuk meningkatkan aspek bisnis tertentu.

“Saya senang mendapatkan pertanyaan yang menggali jauh ke dalam organisasi kami,” kata LaMoreaux. “Misalnya, seorang kandidat pernah berkata kepada saya, ‘Anda mengatakan bahwa IBM menghargai transparansi dan keragaman. Bisakah Anda memberi saya contoh bagaimana perusahaan bekerja menuju tujuan tersebut?’”

Mengajukan pertanyaan yang bijaksana dan menunjukkan inisiatif, tambahnya, menunjukkan bahwa kamu “benar-benar terlibat” selama wawancara dan bersemangat dengan peran tersebut — dan membawamu selangkah lebih dekat untuk mendapatkan tawaran pekerjaan.

Leave a Reply