Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Configuration error or no pictures...

SKILLS.ID

Subscribe to Our Channel

Selasa, September 27, 2022
redaksi@topcareer.id
Covid-19

Studi: Efektivitas Vaksin COVID-19 Baru Diperoleh Dengan Dosis ke-3 Dan ke-4

Cakupan vaksinasi Covid-19 di RI capai 27 juta dosis.Vaksin. Sumber foto: wsj.com

Topcareer.id – Dosis vaksin COVID-19 ketiga dan keempat menawarkan perlindungan substansial di antara orang dewasa dengan sistem kekebalan yang sehat yang memenuhi syarat untuk menerimanya, menurut Morbidity and Mortality Weekly Report (MMWR).

Temuan penelitian ini, dalam hubungannya dengan data yang baru-baru ini diterbitkan menunjukkan orang yang terinfeksi BA.2 mungkin juga memiliki antibodi yang dapat melindungi terhadap penyakit dengan BA.5.

Ini menunjukkan bahwa vaksin yang tersedia sekarang mampu memberikan perlindungan terhadap penyakit serius yang disebabkan oleh varian BA yang tengah beredar.

Untuk mengevaluasi efektivitas 2, 3, dan 4 dosis vaksin mRNA COVID-19 (Pfizer-BioNTech atau Moderna) di antara orang dewasa dengan sistem kekebalan yang sehat, para ahli memeriksa data VISION Network.

Data diambil dari 214.000 kunjungan gawat darurat/perawatan darurat dan lebih dari 58.000 rawat inap dengan diagnosis penyakit mirip COVID-19 di AS dari pertengahan Desember 2021 hingga pertengahan Juni 2022.

Temuan studi menunjukkan:

  • Ketika BA.1 adalah varian yang dominan, efektivitas vaksin (VE) adalah 61% untuk dua dosis terhadap rawat inap terkait COVID-19, VE meningkat menjadi antara 85% -92% setelah menerima dosis ketiga/booster.
  • Ketika BA.2/BA.2.12.1 menjadi dominan, efektivitas vaksin dengan dua dosis adalah 24% terhadap rawat inap terkait COVID-19 dan meningkat menjadi 52%-69% setelah dosis ketiga/booster.
  • Pola yang serupa untuk pasien gawat darurat dan perawatan darurat, VE yang lebih rendah selama dominasi BA.2/BA.2.12.1 dan VE yang lebih tinggi dengan 3 atau 4 dosis dibandingkan dengan VE 2 dosis.
  • Di antara orang dewasa berusia 50 tahun ke atas selama dominasi BA.2/BA.2.12.1, efektivitas vaksin terhadap rawat inap terkait COVID-19 adalah 55% lebih dari 4 bulan setelah booster/dosis ketiga dan meningkat menjadi 80% lebih dari seminggu setelah dosis keempat.

Baca juga: Penelitian Israel: Dosis Ke-4 Vaksin Covid Tingkatkan Antibodi 5 Kali Lipat

Vaksin COVID-19 tetap menjadi satu-satunya alat terpenting untuk melindungi orang dari penyakit serius, rawat inap, dan kematian.

Mengingat peningkatan kasus baru-baru ini dalam kematian dan rawat inap yang terkait dengan varian BA.5, setiap orang harus tetap mendapatkan informasi terbaru tentang vaksinasi COVID-19 yang direkomendasikan, termasuk dosis booster.**(Feb)

the authorRino Prasetyo

Tinggalkan Balasan