Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Configuration error or no pictures...

SKILLS.ID

Subscribe to Our Channel

Jumat, September 30, 2022
redaksi@topcareer.id
Profesional

Gara-gara TikTok Dan Apple, Pertumbuhan Pendapatan Media Sosial Diperkirakan Melambat

Media Sosial

Topcareer.id – Wall Street bersiap untuk pertumbuhan pendapatan global paling lambat dalam sejarah sektor media sosial karena persaingan yang semakin ketat dari TikTok dan Apple dalam periklanan mengancam untuk menambah kesengsaraan ekonomi pada kuartal kedua.

Harapan suram muncul setelah ledakan pada 2021, ketika penjualan iklan media sosial di Amerika Serikat tumbuh 36% mencapai $58 miliar.

Lonjakan terjadi karena brand meningkatkan anggaran pemasaran untuk pulih dari pandemi dan menjangkau pelanggan secara online.

Tetapi platform media sosial sejak itu memperingatkan investor dan karyawan bahwa gelombang sedang berubah akibat inflasi.

CEO Meta Platform (META.O) Mark Zuckerberg mengatakan kepada karyawannya bulan lalu bahwa perusahaan menahan rencana perekrutan.

“Ini mungkin salah satu penurunan terburuk yang pernah kita lihat dalam sejarah baru-baru ini.” Kata Zuckerberg.

Penjualan iklan media sosial global sekarang diperkirakan tumbuh sebesar 11%, laju paling lambat dalam catatan, menurut perusahaan intelijen media MAGNA, yang menurunkan perkiraan pertumbuhan dari 18%.

Analis memperkirakan beberapa tingkat pertumbuhan melambat setelah 2021.

“Meningkatnya persaingan dari aplikasi video pendek viral TikTok dan Apple telah menciptakan “badai yang sempurna” dan para investor harus waspada tentang pertumbuhan iklan digital tahun ini.” tulis analis Barclays di catatan penelitian bulan ini.

Apple telah mengubah industri iklan digital ketika memperkenalkan kontrol privasi iPhone baru tahun lalu.

Bisnis periklanan Apple sendiri, yang sebagian besar terdiri dari pengembang yang membayar untuk mempromosikan aplikasi mereka di App Store, diperkirakan akan tumbuh 36% tahun ini menjadi $6,9 miliar.

Apple dan TikTok bersama-sama akan mengambil 34% dari setiap keuntungan iklan baru.

Lior Eldan, chief operating officer agen pemasaran aplikasi seluler Moburst mengatakan klien sekarang menghabiskan sekitar dua hingga tiga kali lebih banyak untuk iklan Apple.

Baca juga: TikTok PHK Banyak Karyawannya, Ada Apa?

Meskipun masih jauh lebih kecil daripada raksasa seperti Facebook dan YouTube, TikTok siap untuk tumbuh lebih dari 200% menjadi bisnis senilai $ 12 miliar.

TikTok tetap penting bagi banyak strategi periklanan klien, kata Yvonne Williams, wakil presiden media di agensi iklan Code3.

Google Alphabet, yang melaporkan pendapatan kuartal kedua pada hari Selasa (19/7) merupakan perusahaan yang paling mungkin terlindung dari efek negatif, karena Google Search adalah “penting” bagi banyak pengiklan.**(Feb)

the authorRino Prasetyo

Tinggalkan Balasan