Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Configuration error or no pictures...

SKILLS.ID

Subscribe to Our Channel

Sabtu, Desember 3, 2022
redaksi@topcareer.id
Tren

Cara Menambah Aktivitas ke Keseharian, demi Usia yang lebih Panjang

Woman-walking-labrador-1200x628-facebookIlustrasi. (dok. Healthline)

Topcareer.id – Dalam sebuah studi terbaru yang diterbitkan Senin di jurnal Circulation American Heart Association, terungkap bahwa salah satu cara untuk b isa mendapatkan umur yang panjang adalah dengan menambah aktivitas fisik mingguan kita, termasuk olahraga.

Menurut penulis studi Dong Hoon Lee, seorang rekan penelitian di departemen nutrisi di Harvard T.H. Chan School of Public Health, para peserta studi yang melaporkan aktivitas fisik yang kuat dalam 150 hingga 300 menit seminggu, aktivitas fisik sedang 300 hingga 600 menit, atau campuran yang setara dari keduanya, mampu mengalami penurunan risiko kematian dini.

Angka ini di atas anjuran WHO, di mana orang dewasa harus mendapatkan 150 hingga 300 menit aktivitas fisik sedang, atau 75 hingga 150 menit aktivitas fisik yang kuat dalam seminggu.

Baca artikel selengkapnya: Apa yang Harus Dilakukan untuk bisa Hidup Lebih Lama? Ini Kata Ahli

Lalu pertanyaannya, bagaimana cara menambahkan lebih banyak gerakan ke dalam keseharian kita? Karena sebagian dari kita mungkin berpikir, “Aktivitas 10 jam seminggu terdengar banyak. Tidak mungkin saya bisa mengerjakannya dengan semua tanggung jawab saya yang lain.”

Jawabannya, “mungkin memang diperlukan beberapa kesengajaan dan usaha!.”

Mengutip CNN, sebuah megastudi yang diterbitkan pada Desember 2021 menunjukkan bahwa program latihan terbaik mencakup perencanaan saat kamu berolahraga, mendapatkan pengingat, menawarkan hadiah, dan mencegah melewatkan lebih dari satu latihan yang direncanakan berturut-turut.

“Jika orang berharap untuk meningkatkan aktivitas fisik mereka atau mengubah perilaku kesehatan mereka, ada wawasan perilaku yang sangat murah yang dapat dibangun ke dalam program untuk membantu mereka mencapai kesuksesan yang lebih besar,” kata penulis utama studi bulan Desember Katy Milkman, James G. Dinan, Profesor di Wharton School of University of Pennsylvania.

Kabar baiknya, kita tidak perlu menambahkan semuanya sekaligus. Hanya 11 menit olahraga sehari dapat membuat perbedaan pada rentang hidup, menurut sebuah studi tahun 2021.

“Sebagai contoh, kita dapat melakukan jalan cepat di luar atau di treadmill, melakukan empat set rangkaian latihan beban tubuh selama tiga menit, berlatih aliran yoga, atau memilih tiga lagu ceria untuk menari,” kata kontributor CNN Dana Santas, seorang ahli kekuatan bersertifikat.

Nah, tidak terlalu sulit bukan?

the authorFeby Ferdian

Tinggalkan Balasan