Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Configuration error or no pictures...

SKILLS.ID

Subscribe to Our Channel

Senin, September 26, 2022
redaksi@topcareer.id
Covid-19

Vaksinasi Covid-19 Dosis Keempat Siap Diberikan ke Tenaga Medis

Booster jadi syarat untuk mudik.Vaksin. Dok/Pharmaceutical Technology

Topcareer.id –Pemerintah berencana memberikan vaksin dosis keempat di mana akan didahului menurut skala prioritas sebagaimana vaksinasi yang dilakukan sebelumnya. Untuk tahap awal, vaksin dosis keempat diperuntukkan bagi tenaga kesehatan sebagai salah satu kelompok paling rentan.

Juru Bicara Pemerintah untuk Penanganan COVID-19 Prof. Wiku Adisasmito mengatakan, ke depannya sasaran vaksin dosis keempat dapat diperluas sesuai kebutuhan.

“Sehingga sangat memungkinkan adanya perluasan target sasaran mengingat tidak hanya tenaga kesehatan yang berisiko tertular,” kata Wiku Adisasmito dalam agenda keterangan pers secara virtual, Kamis (28/7/2022).

Pemerintah sendiri, saat ini berfokus melakukan pelaksanaan vaksinasi booster atau vaksinasi dosis ketiga. Sebagaimana diketahui, bahwa seiring penerapan kebijakan syarat vaksin booster untuk masuk fasilitas publik meningkatkan cakupan booster. Bahkan dalam 1 bulan terakhir terjadi peningkatan booster hingga 70 persen.

Baca juga: Vaksin AstraZeneca Diperkirakan Cegah 93.954 Kematian Di Indonesia

“Oleh karena itu tidak bosan-bosan saya sampaikan untuk saling jaga dan saling mengajak kepada masyarakat yang belum booster. Apalagi di tengah peningkatan kasus COVID-19. Mari kita jaga kelompok rentan seperti lansia dan komorbid,” tegas Wiku.

Di samping itu, dalam menghadapi kenaikan kasus saat ini, Kementerian kesehatan terus mengupayakan agar pasien COVID-19 yang membutuhkan perawatan di fasilitas kesehatan dapat terlayani dengan baik. Kementerian Kesehatan telah membuat pedoman konversi bed saat keadaan kasus meningkat maupun landai.

“Dan diharapkan tiap daerah dapat mengawasi fasilitas kesehatan yang ada untuk menjalankan pedoman tersebut dengan baik agar mencegah kelalaian penanganan pasien,” jelas Wiku.

Tinggalkan Balasan