Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Configuration error or no pictures...

SKILLS.ID

Subscribe to Our Channel

Sabtu, Agustus 13, 2022
redaksi@topcareer.id
Tips Karier

5 Tanda Kamu Diremehkan di Tempat Kerja (Bagian 1)

Dok. Jobstreet

Topcareer.id – Pernahkah kamu merasa diremehkan di tempat kerja? Sering kali merasa diremehkan tentu akan menjadi penyebab ketidakpuasan di tempat kerja. Sebelum menemukan solusinya, kamu perlu memikirkan apa arti nilai bagimu.

Pelatih Karier, Jasmine Escalera mengatakan, kurangnya kemajuan dapat menjadi faktor besar dalam merasa diremehkan, tetapi juga dapat dikaitkan dengan perasaan interpersonal, seperti kebencian yang tidak dihormati oleh atasan.

“Saya memiliki beberapa klien yang mengatakan, ‘Nilai bagi saya adalah atasan saya atau manajer saya memberi saya penegasan, memberi tahu saya bahwa pekerjaan yang saya sumbangkan dan lakukan sebenarnya berkontribusi pada sesuatu,’” kata Escalera dikutip dari laman HuffPost.

Mungkin ada berbagai macam tanda peringatan bahwa kamu diremehkan dalam pekerjaan— dan kadang-kadang tidak langsung terlihat. Berikut adalah beberapa yang utama, menurut pakar karier:

1. Kamu merasa tidak dianggap dalam rapat karena tidak ada yang menganggap serius pendapatmu

Anyelis Cordero, pendiri Propel on Purpose Coaching, layanan pembinaan karier, mengatakan bahwa satu tanda awal terjadi ketika perspektifmu diabaikan atau dibayangi oleh pendapat orang lain dalam rapat tim.

Jika itu menjadi pola bagi rekan kerja untuk mengabaikan pemikiranmu, pesan dasar yang disampaikan adalah “Kamu tidak mengatakan sesuatu yang berharga,” kata Mary Abbajay, presiden konsultan pengembangan kepemimpinan.

Abbajay mengatakan jika idemu terus diabaikan dalam rapat, pertama-tama kamu harus mempertimbangkan apakah kamu mengomunikasikan isi pesan dengan jelas. Tetapi jika kamu tahu bahwa kamu menyatakan ide-idemu secara efektif, ajukan pertanyaan lanjutan kepada kolega untuk mencari tahu apa sebenarnya masalah dengan ide-ide kamu yang diakui, sarannya.

Baca juga: Hindari 5 Hal Ini Saat Kamu Di-PHK! (Bagian 1)

2. Kamu benar-benar tidak terlibat pada pekerjaanmu

Merasa tidak terlibat terlalu sering merupakan gejala diremehkan.

“Ini adalah kebutuhan neuropsikologis: Orang ingin merasa terhubung, mereka ingin merasa dihargai, mereka ingin merasa didengarkan. Ketika kita mengambil hal-hal itu dari orang lain, mereka menjadi karyawan yang tidak terlibat,” kata Abbajay.

3. Kamu adalah orang yang tepat untuk pekerjaan kantor, tetapi tidak untuk tugas yang benar-benar akan membuatmu dipromosikan

Jika kamu terus dibebani dengan tugas kantor tanpa pamrih yang bukan pekerjaanmu, seperti membuat kopi dan membuat catatan, itu adalah tanda yang mengganggu bahwa kamu kurang dihargai dan diremehkan.

“Jika kamu mendapatkan hal yang buruk, membosankan, pekerjaan yang membosankan, jenis proyek atau tugas yang tidak menantang, sementara kamu melihat orang lain mendapatkan tugas yang lebih menarik, itu pertanda besar bahwa kamu mungkin diremehkan,” kata Abbajay.

Meskipun semua tugas kantor yang tidak dapat dipromosikan ini mungkin diperlukan untuk menjaga tim tetap berjalan, mereka tidak boleh sepenuhnya dibebankan padamu. “Organisasi membutuhkan sesuatu untuk dilakukan, tetapi hanya karena mereka membutuhkan sesuatu, bukan berarti kamu harus melakukannya secara khusus,” kata Escalera.

Tinggalkan Balasan