Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Configuration error or no pictures...

SKILLS.ID

Subscribe to Our Channel

Kamis, Agustus 18, 2022
redaksi@topcareer.id
Tips Karier

Tips Bertahan dan Giat Kerja di Bidang yang Bukan Passion

Topcareer.id – Apakah pekerjaan yang kamu jalani sekarang bukanlah passion-mu? Menjalani pekerjaan yang bukan passion bukan kiamat. Kamu tetap bisa memanfaatkan masa-masa itu dan merubahnya menjadi sesuatu yang lebih berharga.

Mungkin, banyak di antara kita yang mencoba memperoleh pekerjaan yang lebih praktis dan punya minimal risiko di masa depan. Sebanyak 50% pekerja mengatakan mereka tidak menyukai pekerjaan mereka, menurut survei Zippia Agustus 2021 terhadap 1.000 pekerja di Amerika Serikat.

Lindsay MacMillan, banker di Goldman Sachs salah satu pekerja yang tidak menyukai pekerjaannya saat menjadi banker dan kini ia menjadi penulis dan pembicara di TEDx. Ia lantas berbagi bagaimana melakukan pekerjaan yang bukan passionmu.

Beralih ke jadwal ‘sembilan sampai tujuh’

MacMillan dengan cepat menyadari bahwa sisi bisnis perbankan investasi bukan untuknya. Dia bekerja di dalamnya selama dua tahun, tetapi tidak memiliki kendali atas jadwalnya sendiri. Ia menambahkan bahwa hal itu tidak baik untuknya dari segi kesehatan mental atau jika ingin menulis dengan bijak.

Sebaliknya, dia beralih untuk bekerja di sisi merek dan pemasaran. “Jadwal itu mendekati sembilan sampai tujuh dan kemudian check-in pada akhir pekan tetapi tidak masuk ke kantor, kondusif untuk bangun di pagi hari dan menulis selama beberapa jam sebelum pergi bekerja,” kata MacMillan dikutip dari laman CNBC Make It.

Baca juga: 5 Tanda Kamu Diremehkan Di Tempat Kerja (Bagian 1)

Bawa sedikit sisi pemberontak bisa ciptakan energi yang menyenangkan’ untuk pekerjaan itu

MacMillan juga menemukan cara untuk membuat hari-hari sedikit lebih menyenangkan di ‘lingkungan yang sering bikin pekerja tampak seperti zombie atau robot.

Salah satu caranya dia melakukannya adalah melalui apa yang dia sebut “email kegembiraan.” Ini adalah buletin Jumat yang dimulai di antara teman-teman di kantor dan menggelembung ke ratusan orang di kantor di seluruh dunia. “Saya akan berbagi sedikit kabar baik atau hal-hal bahagia acak dari rekan kerja,” katanya.

“Jadi, sementara saya tidak begitu bersemangat dengan pekerjaan itu sendiri. Saya akan benar-benar mendapatkan energi hanya dengan saat-saat hubungan dengan teman atau merasa seperti saya membawa sedikit energi pemberontak dan kegembiraan ini dari melakukan hal-hal semacam itu, tambahnya.

Nyaman ‘menjadi karyawan yang cukup baik’

Dalam proses menyeimbangkan dua karier ini, MacMillan menemukan bahwa melemparkan dirinya 100% ke dalam pekerjaan sehari-hari yang menuntut dan pekerjaan impian dapat menyebabkan kelelahan. “Saya agak harus melalui latihan ini, ‘berhenti menjadi perfeksionis dan berprestasi’ dalam segala hal,” katanya.

Menulis adalah prioritasnya. “Jadi saya merasa ‘nyaman menjadi karyawan yang cukup baik’ di Goldman.” Kadang-kadang itu berarti meninggalkan kantor lebih awal dari orang lain, misalnya, tetapi dia tahu bahwa waktu akan lebih baik dihabiskan di tempat lain.

MacMillan meninggalkan pekerjaannya pada Maret 2022 untuk fokus penuh waktu pada tulisannya dan mempromosikan “The Heart of the Deal.”

Tinggalkan Balasan