Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Configuration error or no pictures...

SKILLS.ID

Subscribe to Our Channel

Rabu, Oktober 5, 2022
redaksi@topcareer.id
Tren

Micin Aman untuk Anak? Ini Penjelasan Dokter

MSG.

Topcareer.Id – Selama ini, kita banyak mendengar kekhawatiran akan penggunaan Monosodium Glutamat (MSG) untuk anak-anak. Beberapa orangtua khawatir jika penggunaaan MSG bisa memberikan dampak yang kurang baik bagi pertumbuhan dan kesehatan anak-anak.

Lalu, benarkah demikian? Seperti kita ketahui, sejauh ini orangtua memang diminta untuk mendukung tumbuh kembang anak-anak dengan membiasakan makan tiga kali sehari.

Selain itu, gizi anak juga harus dipenuhi dengan makanan yang kaya protein, dan penggunaan rasa manis dan asin yang berlebihan.

Terkait MSG, Dokter spesialis anak dan edukator Kesehatan, Ardi Santoso mengatakan bahwa zat tersebut mampu memberikan rasa lezat pada makanan. Dan anak-anak pun aman memakannya.

Baca juga: BPOM Setujui Dosis Booster untuk Anak Usia 16-18 Tahun

 “MSG itu bukan zat asing untuk tubuh. MSG juga aman untuk dikonsumsi semua tahapan usia, bahkan bayi pun memiliki kemampuan metabolik yang sama dengan orang dewasa,” kata Ardi saat menjadi pembicara dalam webinar Amankah MSG untuk Anak dan Solusi Tumbuh Kembang Anak yang Optimal, yang diselenggarakan Ajinomoto dengan Katadata, Selasa (2/8/2022).

“Kadar keamanan MSG dijelaskan dalam Permenkes dan Peraturan BPOM dengan batasan secukupnya.”

“WHO juga menyebut, konsumsi glutamat sesuai dengan kebutuhan tidak akan berdampak pada kesehatan,” kata Ardi. Belum ada penelitian yang membuktikan seputar mitos MSG yang berdampak serius bagi kesehatan manusia.

“MSG boleh gak yah, berbahaya gak yah, pasti ada pertanyaan itu. Anak anak butuh makanan lezat, cita rasa yang enak gak mungkin hambar tapi ada takarannya, gula, garam, lemak. Tapi untuk MSG gimana? Jangan ragu yah, MSG tidak berbahaya asal dikonsumsi secukupnya,” jelas Ardi.

the authorFeby Ferdian

Tinggalkan Balasan