Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Configuration error or no pictures...

SKILLS.ID

Subscribe to Our Channel

Rabu, Oktober 5, 2022
redaksi@topcareer.id
Lifestyle

Tak Mau Miskin di Hari Tua? Lakukan Ini dari Sekarang!

50-years-old-man-pinIlustrasi. (dok. Pinterest)

Topcareer.Id – kita memang tak bisa memilih dari keluarga dengan kondisi keuangan seperti apa ketika lahir, namun dengan waktu yang kita miliki, kita bisa mengubah kondisi tersebut menjadi lebih baik. Ini tentu akan membantu keluarga dan orang-orang terdekat kita kelak.

Namun, mengejar semua itu bukanlah hal mudah. Jika kita salah langkah atau terjebak dengan gaya hidup boros yang berkepanjangan, bukan tak mungkin keuangan kita akan jauh lebih buruk dari sebelumnya dan terancam mengalami miskin hari tua.

Lalu bagaimana cara untuk menghindari semua itu? Berikut adalah beberapa tips yang mungkin sering kamu dengar namun belum pernah kamu lakukan dengan benar.

Sekarang saatnya untuk memastikan semuanya terlaksana dengan baik.

Hindari utang
Ini memang sesuatu yang agak susah untuk kita hindari. Terutama saat kita sedang mengalami kesulitan keuangan dan terdesak oleh kebutuhan.

Tapi, setidaknya mulai saat ini, kita harus bisa untuk meminimalisir utang yang kita buat. Meminjamlah hanya saat kamu benar-benar butuh, dengan nominal yang masuk akal untuk kamu lunasi, dan pastikan kamu bisa membayarnya secepat mungkin.

Hindari berhutang hanya demi memenuhi gaya hidup, seperti untuk beli iPhone misalnya. Percaya deh, trend ini hanya sesaat, tapi utang kamu bisa bertahan dan menumpuk selamanya.

Fokus ke karier
Bekerja keras adalah kunci terpenting untuk meraih kemakmuran. Jangan mudah puas saat kamu mencapai sesuatu, dan teruslah gali ilmu agar karier kamu bisa terus menanjak.

Ingat, masa muda tak akan datang dua kali, jadi manfaatkanlah dengan baik untuk mengejar impian kamu dalam hal keuangan.

Baca juga: Kartu Prakerja, Akselerator Inklusi Keuangan Indonesia

Beli rumah
Daripada menghabiskan uang untuk membeli handphone, akan lebih bagus jika kamu menyisihkan uangmu untuk menabung guna membeli rumah.

Jika membeli cash belum masuk akal, setidaknya kamu bisa mengejar angka DP rumah. Untuk menghindari inflasi, kamu bisa menabung dalam bentuk emas.

Siapkan dana hari tua
Jangan berpikir jika hari tua masih lama, karena waktu akan cepat berlalu tanpa kita sadari.

Selain menabung untuk membeli rumah, kamu juga harus menyiapkan dana untuk hari tua kamu.

Pastikan kamu sudah mengikuti program BPJS Ketenagakerjaan dari pemerintah, di mana di dalamnya sudah ada fitur jaminan Hari Tua. Kamu juga bisa mengikuti program-program lain yang terpercaya, untuk memperkuat dana di hari tua kamu.

Yang pasti, jika semuanya sudah kamu jalankan, dan kamu terus memperbaiki diri di setiap harinya, setidaknya kamu tak perlu takut, akan kesulitan di hari tua kamu.

the authorFeby Ferdian

Tinggalkan Balasan