Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Configuration error or no pictures...

SKILLS.ID

Subscribe to Our Channel

Tuesday, March 19, 2024
redaksi@topcareer.id
Tren

Pemberlakuan Penyesuaian Tarif Ojek Online Diundur, Ini Penjelasan Kemenhub

Sumber foto: Onlinejek.com

Topcareer.id – Kementerian Perhubungan (Kemenhub) menetapkan bahwa penyesuaian terhadap tarif ojek online dapat dilakukan paling lambat 25 hari kalender sejak Keputusan Menteri Perhubungan Nomor KP 564 Tahun 2022 ditetapkan.

Sebelumnya Menhub telag menerbitkan Keputusan Menteri Perhubungan Nomor KP 564 Tahun 2022 Tentang Pedoman Perhitungan Biaya Jasa Penggunaan Sepeda Motor yang Digunakan untuk Kepentingan Masyarakat pada 4 Agustus 2022 lalu.

“Semula dalam KM Nomor KP 564 Tahun 2022 tertulis bahwa pemberlakuan efektif dilakukan maksimal 10 hari kalender,” kata Direktur Jenderal Perhubungan Darat, Hendro Sugiatno dalam siaran pers, pada Sabtu (13/8/2022).

Baca juga: Hadapi Bonus Demografi, Kemnaker Perluas Pelatihan Vokasi Melalui BLK Komunitas

“Kemudian, berdasarkan hasil peninjauan kembali diperlukan waktu yang lebih panjang untuk melakukan sosialisasi terhadap tarif baru ini bagi seluruh pemangku kepentingan, mengingat moda angkutan ojol berkaitan dengan kepentingan masyarakat luas,” jelas dia.

Karena itu, tambah dia, pemberlakuan efektif aturan ini ditambah menjadi paling lambat 25 hari kalender. Dia menyatakan, penambahan waktu sosialisasi ini berdasarkan masukan dari seluruh pihak.

“Oleh karena itu diharapkan 25 hari kalender dari 4 Agustus 2022 (waktu terbitnya KM Nomor KP 564 Tahun 2022) dapat dilaksanakan dan dipedomani oleh aplikator juga sesuai Ketentuan PM 12 tahun 2019 tentang Perlindungan Keselamatan Pengguna Sepeda Motor yang Digunakan untuk Kepentingan Masyarakat,” ucap Hendro.

Hendro berharap terkait waktu penyesuaian tarif di aplikasi, maka aplikator juga dapat segera menerapkan tarif baru serta meningkatkan pelayanan bagi penumpang, termasuk menjamin keselamatan penumpang.

Leave a Reply