Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Configuration error or no pictures...

SKILLS.ID

Subscribe to Our Channel

Sunday, April 28, 2024
redaksi@topcareer.id
Tren

13 Developer Game Indonesia Siap Sambangi Pameran Kelas Dunia di Jerman

Topcareer.id – Pada 24-28 Agustus 2022, 13 developer game akan mewakili Indonesia untuk mengikuti salah satu pameran dagang game terkemuka di dunia, yaitu “Gamescom 2022” di Jerman. Mereka akan difasilitasi oleh Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Kemenparekraf) pada 24-28 Agustus 2022.

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga Salahuddin Uno dalam “Weekly Press Briefing”, menjelaskan bahwa Gamescom tahun ini adalah kali pertama bagi Indonesia untuk mengikutinya secara langsung hadir di acara.

“Saya ucapkan terima kasih kepada seluruh kementerian dan lembaga yang ikut serta dalam mendukung dan memberangkatkan para delegasi kita ini ke Cologne, Jerman,” kata Sandiaga, dikutip dari laman resmi Kemenparekraf pada Senin (15/8/2022).

“Dengan demikian harapannya dapat meningkatkan ekspor, kesempatan, serta capaian bisnis dari game product dan game related product dari industri game lokal Indonesia di pasar game internasional,” tambah dia.

Tercatat pertumbuhan game di tahun 2020 sebesar 4,47 persen, tertinggi kedua setelah subsektor televisi dan radio. Sumbangan industri game terhadap devisa negara sebesar Rp24,88 triliun.

Plt. Deputi Bidang Pemasaran, sekaligus Sekretaris Kemenparekraf/Sekretaris Utama Baparekraf, Ni Wayan Giri Adnyani mengatakan ini adalah salah satu contoh konkret bagaimana kementerian dan lembaga terkait berkolaborasi dalam mendukung suatu program

“Ini jadi contoh konkrit kolaborasi dengan k/l lain yaitu dengan Kominfo, Kementerian Perdagangan, Asosiasi Games Indonesia untuk berpartisipasi pada pameran industri game yang dilaksanakan di Jerman. Dan juga kolaborasi dengan Kedubes RI untuk Berlin,” ujarnya.

Baca juga: Anak Muda Yang Punya Produk Investasi Bertambah, Tapi Banyak Yang Tak Paham

Direktur Pemasaran Ekonomi Kreatif Kemenparekraf/Baparekraf, Yuana Rochma Astuti menambahkan nilai transaksi para delegasi Indonesia pada Gamescom tahun lalu (2021) mencapai Rp30 miliar. “Dan untuk tahun ini (2022) kita ingin target nilai transaksinya mencapai lebih dari Rp30 miliar,” ucapnya.

Staf Khusus Menkominfo, Dedy Permadi menuturkan bahwa jumlah pemain game secara global diperkirakan menembus 2,7 miliar orang pada tahun 2021, dan diprediksi akan bertambah lebih dari 400 juta pemain pada akhir 2023 mendatang.

Sementara, di dalam negeri sendiri Kominfo melalui platform Indonesia Game (IGRS) mencatat pada tahun 2022 terdapat 350 game developer Indonesia yang terdiri dari 85 developer lokal dan 265 developer asing.

“Secara valuasi ini sangat besar. Karenanya pesan dari Menkominfo adalah Kominfo siap untuk mendukung program-program Menparekraf untuk pengembangan game nasional serta mendorong talenta-talenta game kedepan di Indonesia,” kata Dedy.

Berikut daftar 13 perusahaan game terpilih yang akan menjadi wakil Indonesia di Gamescom 2022, yakni:

1. Agate
2. Devata Game Production
3. iOta
4. Satriver
5. Komodoz
6. Niji Games
7. Arsanesia
8. Redamantine Studios
9. Bundar
10. Wisageni Studio
11. Big Fire Studio
12. UMN Picture
13. Megaxus Infotech.

Leave a Reply