Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Configuration error or no pictures...

SKILLS.ID

Subscribe to Our Channel

Rabu, Oktober 5, 2022
redaksi@topcareer.id
Lifestyle

Kuis: Seberapa Sehat Mentalmu?

Ilustrasi mental. Dok/Addicted2Success.comIlustrasi mental. Dok/Addicted2Success.com

Topcareer.id – Kekuatan mental seseorang berbeda-beda, dan untuk mengetahuinya kamu perlu mengenal diri sendiri lebih dalam. Kebugaran mental atau kesehatan mental bisa dijaga demi kecerdasan emosional yang baik.

Namun, sebelum itu ketahui dulu seberapa sehat mentalmu. Dalam laman CNBC Make It, Jody Michael, seorang psikoterapis dan CEO Jody Michael Associates, berbagi cara mengetahui hal itu lewat kuis.

Gunakan kuis singkat di bawah ini untuk mendapatkan gambaran umum tentang tingkat kekuatan mentalmu. Untuk memulai, baca dan tentukan satu pernyataan di bawah ini yang paling mirip denganmu — paling sering — ketika kamu dipicu oleh situasi atau scenario tertentu:

A. “Saya tetap terpicu (triggered).” Apa pun yang mengganggumu dan tetap tidak mau pergi, atau pada titik tertentu kamu hanya move on.

B. “Saya bisa keluar dari reaksi yang dipicu.” Tapi butuh beberapa saat, dan rasa lega itu tidak bertahan lama; reaksimu segera kembali.

C. “Saya sadar dari reaksi yang dipicu dalam beberapa menit.” Tidak hanya itu, tetapi itu cukup baik karena kamu telah mengubah caramu melihat situasinya.

D.. “Saya tidak lagi terpicu dalam skenario yang mengecewakan.” Kamu menyadari apa yang telah terjadi, tetapi sebagian besar “nonevent” (peristiwa yang tidak memenuhi ekspektasi) bagimu.

Baca juga: Gejala Penyebab Stroke Bisa Dideteksi Pakai Video Smartphone, Begini Caranya!

E. “Tidak satu pun di atas berlaku untuk saya.” Entah kamu tidak yakin bagaimana kamu menangani pemicumu, atau kamu pikir kamu tidak terlalu terpicu.

Apa maksud dari jawabanmu

Jika kamu menjawab A, B atau E:

Tingkat kebugaran mentalmu cocok dengan kebanyakan orang. Kamu berada di garis awal — dan tidak apa-apa! Memperkuat otot mentalmu membutuhkan waktu.

Jika kamu memilih E, kamu masih dalam mode pemula. Kemungkinan kamu berurusan dengan pemicu menggunakan strategi penghindaran. Orang dengan kebugaran mental yang kuat memiliki tingkat kesadaran diri yang tinggi, dan mereka tahu persis apa yang mereka lakukan untuk mengelola suasana hati mereka.

Jika kamu menjawab C:

Jelas kamu telah melakukan beberapa pekerjaan untuk meningkatkan kebugaran mentalmu. Kamu memiliki setidaknya tingkat pertumbuhan sedang. Ketahuilah bahwa tujuan akhirmu adalah untuk dapat secara konsisten berubah dengan cara ini di semua bidang kehidupanmu yang berbeda, baik secara pribadi maupun profesional.

Jika kamu menjawab D:

Kamu memiliki tingkat kebugaran mental yang solid. Jika kamu dapat mempertahankan perubahan ini di semua bidang kehidupanmu, tingkat kebugaran mentalmu yang tinggi akan membantumu dengan baik dalam situasi yang menantang.

Tinggalkan Balasan