Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Configuration error or no pictures...

SKILLS.ID

Subscribe to Our Channel

Friday, April 19, 2024
redaksi@topcareer.id
Sekolah

Tujuan ANBK, dan Siapa Saja yang Boleh Ikut?

Topcareer.Id – Belakangan, kita kerap mendengar tentang ANBK, namun banyak di antara kita yang masih bingung dengan pengertiannya, dan tujuan dari diadakannya program tersebut.

ANBK yang merupakan singkatan dari Asesmen Nasional Berbasis Komputer, adalah program evaluasi yang diselenggarakan oleh Kemdikbud untuk meningkatkan mutu pendidikan dengan memotret input, proses dan output pembelajaran di seluruh satuan pendidikan.

ANBK memiliki tiga instrumen dalam proses penilaiannya, yakni Asesmen Kompetensi Minimum (AKM) yang menilai kompetensi minimum siswa di bidang membaca dan numerasi, Survei Karakter yang menilai karakter murid dalam hal sikap, nilai, keyakinan, dan kebiasaan; serta Survei Lingkungan Belajar yang akan mengukur kualitas dari proses belajar-mengajar.

Siapa yang bisa mengikuti ANBK?

Asesmen Nasional akan diikuti oleh seluruh satuan pendidikan tingkat dasar dan menengah di Indonesia, serta program kesetaraan yang dikelola oleh PKBM.

Di tiap satuan pendidikan, Asesmen Nasional akan diikuti oleh sebagian peserta didik kelas V, VIII, dan XI yang dipilih secara acak oleh Pemerintah.

Untuk program kesetaraan, Asesmen Nasional akan diikuti oleh seluruh peserta didik yang berada pada tahap akhir program belajarnya.

Baca juga: 6 Kegiatan Sekolah untuk Mendukung Kesehatan Mental Remaja

Pemilihan jenjang kelas V, VIII dan XI dimaksudkan agar murid yang menjadi peserta Asesmen Nasional dapat merasakan perbaikan pembelajaran ketika mereka masih berada di sekolah tersebut.

Selain itu, Asesmen Nasional juga digunakan untuk memotret dampak dari proses pembelajaran di setiap satuan pendidikan. Murid kelas V, VIII, dan XI telah mengalami proses pembelajaran di sekolahnya, sehingga sekolah dapat dikatakan telah berkontribusi pada hasil belajar yang diukur dalam Asesmen Nasional.

Selain peserta didik, Asesmen Nasional juga akan diikuti oleh guru dan kepala sekolah di setiap satuan pendidikan. Informasi dari peserta didik, guru, dan kepala sekolah diharapkan memberi informasi yang lengkap tentang kualitas proses dan hasil belajar di setiap satuan pendidikan.

Tujuan ANBK

Asesmen Nasional bertujuan untuk menunjukkan apa yang seharusnya menjadi tujuan utama sekolah, yakni pengembangan kompetensi dan karakter murid.

Asesmen Nasional juga memberi gambaran tentang karakteristik esensial sebuah sekolah yang efektif untuk mencapai tujuan utama tersebut.

Hal ini diharapkan dapat mendorong sekolah dan Dinas Pendidikan untuk memfokuskan sumber daya pada perbaikan mutu pembelajaran.

the authorFeby Ferdian

Leave a Reply