Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Configuration error or no pictures...

SKILLS.ID

Subscribe to Our Channel

Senin, November 28, 2022
redaksi@topcareer.id
Tips Karier

Pentingnya Punya Koneksi dari Beragam Jenis Umur, Pekerjaan Hingga Kepribadian

Apakah menjadi masalah jika tak memiliki teman baik di tempat kerja?

Topcareer.id – Kamu mungkin memiliki banyak kesamaan dengan teman-temanmu saat ini. Di mana mungkin kamu seumuran, atau mungkin kamu bekerja di bidang yang sama. Kamu bahkan mungkin memiliki beberapa ciri kepribadian.

Salah satu saran CEO utama untuk orang-orang muda yang ingin mengembangkan karier mereka: Kelilingi dirimu dengan orang-orang yang secara khusus tidak cocok dengan hal-hal itu.

“Carilah yang berbeda, yang mungkin tidak sesuai dengan semua komponen siapa dirimu. Hubungan itu, koneksi yang kamu buat dengan orang-orang itu bisa baik untuk pertumbuhanmu,” kata Nick Bailey, CEO perusahaan real estat internasional Re/Max, mengutip laman CNBC Make It.

Sebuah studi tahun 2008 di Journal of Social and Personal Relationships melakukan lebih dari 300 investigasi laboratorium dan lapangan untuk menemukan bahwa orang sering tertarik pada individu yang mirip dengan diri mereka sendiri dalam beberapa hal. Mereka juga tertarik pada individu yang mereka anggap mirip dengan diri mereka sendiri.

Tetapi kamu tidak boleh mengikuti naluri itu secara membabi buta, kata Bailey, yang mengelola lebih dari 600 karyawan di seluruh perusahaan dengan kapitalisasi pasar USD477,15 juta.

Dia mengatakan kamu benar-benar dapat memperoleh manfaat dari berhubungan dengan orang-orang dengan usia, pekerjaan, atau kepribadian yang berbeda.

Hal itu lantaran, mereka ini dapat berbagi beragam peta jalan, strategi, pengalaman, dan perspektif baru yang dapat membantu memajukan pertumbuhan profesionalmu.

Orang-orang itu dapat membantumu memperluas pengetahuanmu ke berbagai bidang bisnis, mengidentifikasi pendekatan baru untuk memecahkan masalah yang belum pernah kamu dengar sebelumnya, dan membuka pintu untuk peluang karier yang tidak biasa untuk bidang pekerjaanmu.

“Jika kamu masih muda, kamu tidak bisa hanya berbicara dengan lima orang di perusahaanmu atau di acara yang baru saja lulus dari perguruan tinggi, meskipun itu mungkin tampak paling nyaman. Memiliki koneksi dengan orang-orang yang berbeda bisa sangat berharga bagimu,” kata Bailey.

Tentu saja, mendekati orang asing dan mencoba untuk memulai hubungan dengan mereka bisa menjadi hal yang menakutkan. Bailey memiliki dua tips berguna:

1. Tempatkan dirimu di luar sana

Yang pertama, katanya, adalah mengumpulkan keberanian untuk menempatkan dirimu di luar sana. Hal terburuk yang bisa dikatakan seseorang adalah “tidak” kepadamu – dan lebih sering daripada tidak, itu tidak terjadi, kata Bailey.

Itu bisa berarti menghadiri acara jejaring untuk industri pekerjaan yang sedikit berbeda darimu atau mengirim email ke CEO perusahaan yang selalu kamu kagumi.

Kebanyakan orang cenderung merasa tersanjung ketika seseorang mengungkapkan minat pada mereka dan pekerjaan mereka. Ingatlah hal itu jika kamu pernah merasa gugup untuk berhubungan dengan orang lain.

“Ketika Anda bersedia menempatkan diri di luar sana, kamu akan merasa tidak nyaman. Tetapi ketika kamu melakukan itu, koneksi akan jatuh ke tempatnya. Orang-orang akan senang melihat seseorang yang memiliki minat pada mereka atau sesuatu yang mereka lakukan.”

2. Dekati orang dengan tulus

Ada perbedaan besar antara orang yang membangun jaringan demi jaringan dan mereka yang benar-benar ingin membangun hubungan dengan orang lain. Untuk menjadi yang terakhir, kamu harus menunjukkan ketulusan yang cukup untuk mendapatkan kepercayaan seseorang, kata Bailey.

Jangan menjadi seseorang yang menjalankan acara jaringan dengan menyodorkan kartu nama mereka ke wajah semua orang, kata Bailey. Orang tidak akan menganggapmu serius jika kamu tidak meluangkan waktu untuk mengenal mereka.

Kamu juga tidak boleh membuat percakapanmu terasa transaksional. Sebaliknya, dengarkan mereka secara aktif. Ajukan pertanyaan yang tulus tentang mereka dan karier mereka.

Tinggalkan Balasan