Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Configuration error or no pictures...

SKILLS.ID

Subscribe to Our Channel

Sabtu, Desember 3, 2022
redaksi@topcareer.id
Lifestyle

Suka Jalan-jalan setelah Makan? Ini Efeknya bagi Tubuh

Women power walkingIlustrasi. (dok. Harvard Health)

Topcareer.Id – Tahukah kamu? Berjalan santai usai makan bisa membantu menurunkan gula darahmu. Aktivitas ini bahkan menjadi dasar dari diet Mediterania yang sangat sehat, yang telah dilakukan oleh orang-orang di Mediterania selama berabad-abad.

Beberapa penelitian juga menemukan bahwa diet Mediterania dapat mengurangi risiko diabetes, kolesterol tinggi, penyakit jantung, stroke dan beberapa jenis kanker.

Semua risiko itu bisa kamu hindari sembari mendapat beberapa benefit lain seperti memperkuat tulang, meningkatkan kesehatan otak, menangkal demensia dan depresi, serta membantu penurunan berat badan yang sehat.

“Tidak perlu banyak habiskan waktu. Berjalan dua hingga lima menit setelah makan dapat membantu,” menurut sebuah studi tahun 2022 di jurnal Sports Medicine, mengutip dari CNN News.

Baca juga: Benarkah Jalan Kaki Bikin Panjang Umur?

“Berdiri setelah makan juga dapat membantu, tetapi tidak sebanyak meletakkan satu kaki di depan yang lain,” kata rekan penulis studi Aidan Buffey, seorang mahasiswa doktoral di departemen pendidikan jasmani dan ilmu olahraga di University of Limerick di Irlandia.

“Berhenti berdiri secara intermiten sepanjang hari dan setelah makan, dapat mengurangi glukosa rata-rata sebesar 9,51% dibandingkan dengan duduk lama. Namun, berjalan dengan intensitas ringan sepanjang hari, menunjukkan pengurangan glukosa yang lebih besar dengan rata-rata 17,01%, dibandingkan dengan duduk lama,” Buffey mengatakan kepada CNN melalui email.

“Ini menunjukkan bahwa berdiri dan berjalan ringan sepanjang hari bermanfaat untuk kadar glukosa,” tambahnya.

the authorFeby Ferdian

Tinggalkan Balasan