Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Configuration error or no pictures...

SKILLS.ID

Subscribe to Our Channel

Saturday, April 20, 2024
redaksi@topcareer.id
Tren

Strategi FIT HUB Atasi Tantangan SDM di Tengah Perkembangan Industri Fitness

Topcareer.id – Menurut Global Wellness Institute, ekonomi wellness Indonesia berada di peringkat #19 dari 218 negara di seluruh dunia dan bernilai USD36,4 miliar, menjadikan Indonesia sebagai pemimpin di Asia Tenggara. Namun, di tengah pesatnya perkembangan ekonomi wellness, ada tantangan dalam memperoleh talenta baru yang berpengalaman.

“Tantangan yang kami temui di saat ekspansi adalah memperoleh talenta baru yang berpengalaman dan berpengetahuan luas di pasar tenaga kerja sektor fitness yang ketat,” ujar Raditya Wicaksono, People Operations Lead, FIT HUB dalam siaran pers yang diterima Topcareer.id, Senin (5/9/2022).

“Karena itu, keberhasilan kami dalam menavigasi tantangan ini sangat bergantung pada bagaimana menciptakan employee value proposition yang kuat yang menempatkan kami di posisi unik dalam persaingan mencari talenta dengan gym skala besar maupun kecil.”

FIT HUB merupakan perusahaan kesehatan dan kebugaran berbasis teknologi yang didirikan pada Agustus 2020. FIT HUB mampu berkembang dengan sangat cepat dan bahkan sedang memperluas jangkauan gym dengan target hingga 50 cabang di 15 kota pada akhir tahun 2022.

Begitu pula dengan pertumbuhan pesat sumber daya manusia mereka yang kini mempekerjakan hampir 400 karyawan dalam berbagai peran, mulai dari personal trainer dan teknisi aplikasi, hingga tim penjualan dan staf klub. Namun, pertumbuhan ini juga tidak terlepas dari tantangan.

Raditya menjelaskan, meskipun kompensasi dan benefit tetap menjadi komponen utama, budaya telah menjadi faktor yang kian penting dalam menarik dan mempertahankan talenta terbaik di sektor kebugaran.

Di masa lalu, lanjutnya, orang mungkin bisa mentolerir budaya toxic dan bertahan selama mereka digaji. Tapi sekarang, ketika orang tidak bahagia dan nyaman, mereka akan pergi. Studi FlexJobs menunjukkan alasan nomor satu orang berhenti dari pekerjaan mereka adalah budaya toxic pada tempat kerja.

Ketika menerapkan strategi kesejahteraan karyawan, banyak perusahaan yang berfokus pada benefit kesehatan. Namun bagi FIT HUB, kesejahteraan mencakup lebih dari sekadar meningkatkan kesehatan fisik.

Baca juga: 4 Ribu Penumpang Pesawat Jetstar Terdampar Di Bali Seminggu Terakhir, Ini Sebabnya!

Raditya menjabarkan beberapa pilar dengan pendekatan yang lebih holistik yang bermanfaat bagi karyawan FIT HUB antara lain kesehatan mental, fisik, sosial, dan finansial.

Ia percaya kesejahteraan karyawan berkontribusi pada tingkat produktivitas dan keterlibatan yang lebih tinggi sebagaimana dibuktikan oleh banyak penelitian.

“Sebagai bisnis yang menyediakan akses ke layanan kebugaran kepada perusahaan lain, kami juga berkomitmen terhadap kesejahteraan karyawan kami sendiri. Tentu saja, karyawan kami memiliki akses gratis keanggotaan gym di semua klub FIT HUB di kota mana pun,” ujarnya.

“Melalui program ‘Bonding Session’, kami juga menyediakan anggaran yang dapat digunakan karyawan untuk berkumpul dengan rekan satu tim di luar jam kerja,” jelasnya, menambahkan bahwa program seperti itu dapat membantu karyawan saling mengenal sambil berbagi ide dan tawa.

Kesejahteraan finansial merupakan pilar utama lainnya yang menjadi fokus FIT HUB lantaran tekanan finansial yang dialami karyawan dapat memiliki dampak luas, jauh melampai kehidupan pribadi karyawan tersebut.

Dampaknya meliputi produktivitas bisnis, kehadiran karyawan di tempat kerja, hingga retensi dan keterlibatan. Untuk itu, Raditya mengatakan, FIT HUB telah bermitra dengan wagely sejak tahun lalu untuk meluncurkan platform kesejahteraan finansial yang memungkinkan karyawan mengakses gaji yang sudah diperoleh kapan pun dibutuhkan.

“Siklus gajian per bulan dapat menjadi tantangan bagi karyawan tergantung situasi kehidupan yang berbeda-beda. Mereka yang hidup dari gaji ke gaji kesulitan membayar pengeluaran tidak terduga, beberapa bisa jatuh ke dalam perangkap pinjol ilegal dengan bunga mencekik, dan lainnya merupakan generasi sandwich yang harus menghidupi orang tua dan anak,” jelasnya.

Dengan wagely, karyawan kami tidak perlu lagi bergantung pada siklus gajian bulanan dan wagely juga menyediakan sumber edukasi untuk meningkatkan literasi finansial mereka,” jelas Raditya.

Hasilnya, FIT HUB tidak hanya berhasil menciptakan lingkungan kerja dengan tingkat perputaran karyawan yang sangat rendah dan tingkat kepuasan yang tinggi, tetapi juga mendapatkan tanggapan positif dari karyawan yang langsung menerima manfaat earned wage access dari wagely.

Leave a Reply