Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Configuration error or no pictures...

SKILLS.ID

Subscribe to Our Channel

Saturday, April 20, 2024
redaksi@topcareer.id
Tren

Bosan Hidup Boros dan Pas-pasan di Akhir Bulan? Mulailah Lakukan Ini! (Bagian 1)

Sumber foto: Imperfectly Perfect Mama

Topcareer.Id – Hampir semua hal yang berkaitan dengan kehidupan memerlukan anggaran. Namun membuat batasan dan menaatinya, akan membawamu ke level kehidupan yang lebih baik.

Menurut survei dari perusahaan manajemen keuangan pribadi Mint, 65% orang Amerika tidak tahu berapa banyak uang yang mereka habiskan bulan lalu. Penelitian lain juga menyebutkan bahwa uang adalah sumber utama stres bagi banyak orang Amerika, bahkan lebih besar dampaknya daripada hubungan pribadi atau pekerjaan.

Inilah mengapa membuat anggaran —dan menaatinya— dapat membantu meringankan tekanan finansial. Mayoritas orang yang mempertahankan laporan anggaran merasa lebih memegang kendali, lebih percaya diri, dan merasa lebih aman.

Lalu, bagaimana cara memulainya, beberapa pendekatan ini mungkin bisa jadi solusi bagi kamu yang baru akan memulai. Saran kami, berhentilah membuat alasan untuk menghabiskan lebih banyak uang. Buatlah anggaran, dan patuhi, demi diri kamu sendiri.

Bagian pertama dari artikel

Sebelum membuat anggaran

Mengutip dari The Balance Money, lebih dari 32% orang yang tidak memiliki anggaran, mengatakan bahwa mereka tidak menghasilkan cukup uang untuk membuatnya. Ini menyoroti salah satu batu sandungan utama bagi banyak orang, yakni ketidakpercayaan pada proses penganggaran untuk memulai.

Sebelum membuat anggaran, kamu perlu memutuskan apa yang kamu ingin rencanakan untuk beberapa waktu ke depan. Pertimbangkan ini baik-baik dengan cara berikut:

  1. Tuliskan tiga atau empat hal yang ingin kamu capai dalam lima sampai 10 tahun ke depan. Ini mungkin termasuk hal-hal seperti kepemilikan rumah, memulai sebuah keluarga, atau menjalankan bisnis sendiri.
  2. Tuliskan dua hal yang ingin kamu capai di tahun depan terkait keuangan kamu. Mungkin kamu ingin melunasi hutang, membangun dana darurat, atau memulai karier baru.
  3. Tuliskan satu hal yang ingin kamu capai di bulan depan. Ini mungkin menghemat sejumlah uang atau tidak menggunakan kartu kredit setidaknya selama 30 hari.

Siapkan Anggaran

Nah, setelah memutuskan tujuan, kini kamu dapat mengatur anggaran. Untuk memulai, kumpulkan semua dokumen penting yang mungkin diperlukan, seperti laporan mutasi bank atau rekening investasi.

Kamu juga mungkin ingin menghitung pendapatan bulanan yang diharapkan, serta pengeluaran bulanan biasa, dan membagi semuanya ke dalam kategori. Jika penghasilan kamu lebih tinggi dari pengeluaran, maka kamu sudah memulai dengan baik.

Pastikan untuk mengidentifikasi biaya tetap dalam anggaran, seperti tagihan kabel atau air. Jangan lupakan juga biaya variabel, seperti bahan makanan, yang cenderung berubah setiap bulan, tergantung pada kebutuhan kamu.

Untuk hal ini, kamu tidak perlu mempertahankan anggaran secara manual. Pertimbangkan untuk menggunakan aplikasi untuk membantu kamu melacak pengeluaran. Beberapa aplikasi akan memuat transaksi tiga bulan terakhir, dan kamu dapat mendasarkan anggaran kamu dari itu. Beberapa di antaranya juga memiliki fitur unik yang dapat mengirimi kamu peringatan, saat kamu akan menyimpang dari anggaran.

the authorFeby Ferdian

Leave a Reply