Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Configuration error or no pictures...

SKILLS.ID

Subscribe to Our Channel

Wednesday, April 24, 2024
redaksi@topcareer.id
Tren

Menaker ajak Semua Pihak Bekerjasama Pulihkan Dunia Ketenagakerjaan

Topcareer.Id – Pandemi Covid-19 yang telah tewrjadi selama 2 tahun lebih, kita ketahui memiliki dampak global terhadap banyak hal, salah satunya adalah perekonomian.

Di masa pemulihan ini, perbaikan kondisi tersebut terus dilakukan. Menteri Ketenagakerjaan, Ida Fauziyah, juga menyebutkan jika kerjasama adalah cara terbaik agar pemulihan ini bisa berjalan dengan cepat, dengan hasil yang lebih kuat.

“Rekatlah seperti lidi. Kata bijak ini memiliki makna yang dalam tentang kekuatan persatuan. Saya sangat senang melihat perwujudan nilai itu di sini,” ujar Menaker saat menyampaikan pidato pada G20 Labour and Employment Ministers Networking Dinner with Social Partners di Badung, Bali, Selasa (13/9/2022).

Dalam acara tersebut, Menaker mengapresiasi kehadiran para Menteri Ketenagakerjaan G20 yang tidak hanya mencerminkan dukungan terhadap Presidensi G20 Indonesia, tetapi juga menunjukkan komitmen seluruh anggota G20 untuk bersama-sama menyelesaikan tantangan global bidang ketenagakerjaan.

“Melihat antusiasme di wajah semua peserta hari ini, saya sangat optimis, kita dapat melakukan yang terbaik untuk meningkatkan kondisi ketenagakerjaan global secara bersama-sama,” katanya.

Baca juga: Fitur Usul Sanggah Cek Bansos: Warga Bisa Lapor Jika BLT Tak Tepat Sasaran

Menaker juga mengapresiasi seluruh delegasi G20 Employment Working Gruop (EWG), di mana berbagai poin penting yang telah dibahas dan disepakati dalam forum EWG.

Di antaranya pengembangan kapasitas manusia di dunia kerja pembelajaran sepanjang hayat, salah satunya model pendekatan bottom-up melalui Community Based Vocational Training (CBVT).

Selain itu kesepakatan juga terjadi terkait pentingnya memperbarui strategi keterampilan G20, penguatan pasar tenaga kerja inklusif untuk mengakomodasi penyandang disabilitas, iklim investasi dan penciptaan lapangan kerja yang baik melalui UMKM dengan skala usaha yang terus meningkat, serta prinsip-prinsip perlindungan tenaga kerja adaptif bagi semua pekerja di dunia kerja yang terus berubah.

Menaker juga menyambut baik Joint statement Labor 20 (L20) dan Business 20 (B20) yang menunjukkan semangat mengejawantahkan tema Recover Together, Recover Stronger.

“Saya yakin ini akan memberikan dampak yang baik di tingkat nasional dan global untuk menghadapi tantangan tenaga kerja di tengah situasi yang tidak pasti,” ujarnya.

the authorFeby Ferdian

Leave a Reply